Ketika suara kita tak didengar…


“Ketika suara kita tak didengar, haruskah kita diam dan memendam isi hati kita dalam-dalam? Atau terus bersuara, sampai suara serak meski kita tahu semua itu sia-sia?”

Menyuarakan isi hati, bagi saya adalah suatu keharusan. Namun bagaimana caranya, itu sebuah pilihan.

Jenengan masih ingat film The Last Samurai yang dibintangi Tom Cruise dan Ken Watanabe?


Untuk menyegarkan kembali ingatan jenengan tentang fil ini, berikut inti cerita yang saya tangkap sejauh yang saya ingat.

” Setting cerita terjadi di jaman Restorasi Meiji di Jepang di akhir abad ke-19. Sederhananya, Restorasi Meiji ini adalah sebuah proses modernisasi yang dilakukan kaisar Jepang yang saat itu mulai terbuka dengan dunia luar.

Meski modernisasi tersebut dimaksudkan untuk membangun militer jepang, namun tak semua orang menyetujuinya. Di antara yang tidak setuju adalah beberapa pengikut kaisar dari kalangan samurai. Kelompok ini dipimpin oleh seorang Samurai bernama Katsumoto. Menurut mereka kebijakan kaisar tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa jepang.

Katsumoto ini, sebenarnya adalah salah satu samurai kepercayaan kaisar. Karena ketidaksetujuannya dengan modernisasi angkatan perang jepang, akhirnya dia menyingkir dan hidup jauh dari istana. Di bawah pimpinannya, kelompok samurai ini memberontak untuk menunjukkan ketidak-setujuannya pada kebijakan kaisar tersebut.

Diceritakan, Katsumoto adalah seorang samurai yang menjunjung tinggi bushido (way of warrior), yang sangat setia dan tunduk pada kaisar. Meski dia memberontak, tujuannya sama sekali bukan untuk menyerang apalagi menjatuhkan kaisar. Bahkan menurut cerita, jika kaisar menghendaki dia mati, kaisar cukup memintanya dan dia akan melakukan bunuh diri.

Lalu kenapa dia melakukan pemberontakan? Siapa yang sebenarnya dia lawan?

Kebijakan modernisasi yang dijalankan kaisar adalah sebagai hasil “bisikan” dari penasihat militernya, yang digambarkan sebagai seorang jenderal yang kejam. Nah, Jenderal inilah yang sebenarnya menjadi musuh Katsumoto. Orang ini pulalah yang selalu berusaha menumpas pemberontakan kaum samurai di bawah pimpinan katsumoto tersebut.

Meski pada akhirnya Katsumoto tewas dalam sebuah perang melawan jenderal tersebut, namun kematiannya tak urung ditangisi oleh sang Kaisar. Di akhir cerita, kaisar menangis dan begitu menyesali kematian Katsumoto. Kaisar sadar, Katsumoto memberontak bukan untuk sebuah tahta dan merebut kekuasaan. Tapi dia berjuang menunaikan tugasnya melindungi kaisar dan mencegah kaisar berbuat sesuatu yang “menurutnya” membahayakan Kaisar dan bangsa Jepang.”

Jenengan pernah mengalami hal yang sama? Atau setidaknya kejadian mirip cerita tersebut di atas? Jenengan “memberontak” pada sesuatu (atau seseorang), bukan untuk melawan. Tapi sekedar agar suara kita didengar, agar “keinginan” kita diperhatikan.

Sebagai seorang yang berpikir dan peduli dengan keadaan di sekitar, tentu kita tidak bisa berdiam diri saat melihat kekurangan-kekurangan yang terjadi. Semisal tentang “pelanggaran” yang terjadi di lingkungan tempat kerja, tentang kelemahan pada sistem keamanan yang harus segera diperbaiki, atau tentang hal lain yang mengusik benak kita.

Dan lebih dari semua itu, kita yakin hal yang ingin kita sampaikan sangat penting karena jika kekurangan tersebut dibiarkan efeknya akan berdampak luas.

Menurut jenengan, saat kita sudah berkali-kali mengkomunikasikan suatu masalah, namun tak juga ada tindak lanjut perbaikannya, haruskah kita diam saja? Atau menunjukkannya dengan cara lain?

Salam.🙂


55 Komentar »

  1. A.J.I said

    tunjukan dengan cara lain tapi tetap dengan jalan damai

    mohon tukar linknya bro…

    http://farmatika.wordpress.com/tukar-link-blog-yokk/

    ditunggu kunjungan anda

  2. alamendah said

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Dengan cara lainnya. Kan masih buanyaaaaak cara jalan menuju Roma?

  3. Ruang Hati said

    keren last samurainya

  4. zipoer7 said

    Salam Takzim
    Selamat pagi kang Konjeng, izin ya

    Mengunjungi sahabat untuk meruak ilmu,
    semoga tetap sehat dihari Minggu.
    Semua postingan adalah ilmu
    Akhirnya dapat setelah lama menunggu

    Salam Takzim Batavusqu

  5. menurut saya kalau memang utk kepentingan orang banayak dan meman gdiperlukan, mungkin harus terus berusaha agar suara kita di dengar, entah dgn cara komunikasi yg baik mungkin, pokoknya tetap jangan menggunakan kekerasan.
    Semuanya akan bisa diatasi, kalau saja, pihak terkait mau saling mengisi dan instrospeksi.
    Salam.

  6. kyaine said

    klo saya akan melihat sikon di sekitar saya, jgn sampai perbaikan yg akan saya lakukan merusak tatanan yg sdh ada atau merenggangkan sebuah persahabatan🙂

  7. yang penting jalan lain itu bukan kekerasan😆 dan jalan lain tidak malah menimbulkan suasan semakin keruh.

    btw, aku belum pernah lihat film itu😆

  8. seharusnya jangan diam saja. bagaimana mungkin kita berdiam diri saat ketimpangan terjadi di depan kita dan kita hanya diam menyaksikan…
    tapi jika hal tersebut tidak berhubungann dengan kepentingan orang banyak..kita hanya berharap pada kesadaran pribadi yang bersangkutan..
    nice posting

  9. oke banget nih tulisannya..mengambil nilai-nilai film

  10. wardoyo said

    Menurut saya semua menjadi relatif. Selalu ada kebenaran dalam setiap situasi dan pendapat. Jadi lebih baik berdiskusi dan mengambil jalan tengah.

    The Last Samurai selain mengajarkan semangat juga mengajarkan nilai-nilai. Tetapi semua juga relatif. Para samurai tidak melihat bahwa zaman telah berubah. Mereka tidak memahami bahwa semangat itu juga bisa menemukan bentuknya di era modern, tidak melulu terpaku dengan simbol, bungkusan pakaian atau tatacara perilaku. Maka Jepang yang sukses adalah yang mampu menerapkan semangat samurai (disiplin, teguh dsb) ke dalam perilaku modern.

    Salut untuk renungannya.

  11. The Last Samurai ya..????
    wah film keren bgt…
    nilainya dalam banget..
    masih ingat kata2 Kaisar Meiji dalam film itu..
    ” Kita sudah memiliki rel kereta api, pakaian barat, senjata api tapi kita tidak boleh melupakan siapa sebenarnya kita.”
    Dan yang paling aku suka lagi karakter dari Taka, walaupun kapt. Nathan Algren (Tom Cruiz) telah membunuh suaminya, tapi dia tetap bersedia merawat Algren di rumahnya.

  12. batavusqu said

    Salam Takzim
    Kunjungan siang sahabat, menjumpai dengan tetap membawa harap semoga sahabatku ini dalam keadaan sehat beserta keluarga tentunya
    Salam Takzim Batavusqu

  13. batavusqu said

    Salam Takzim
    Kunjungan siang sahabat, menjumpai dengan tetap membawa harap semoga sahabatku ini dalam keadaan sehat beserta keluarga tentunya
    Salam Takzim Batavusqu.

  14. sedjatee said

    pelajaran moral yang sangat memukau… semoga kita bisa meneladani aspek positif dari budaya-budaya masyarakat di sekitar kita… salam sukses…

    sedj

  15. Ruang Hati said

    Siapapun Kita semua yang ada di dunia sekarang. baik itu seorang pelajar atau pejabat, baik seorang jendral maupun kopral, baik seorang mahasiswa ataupun taruna, baik itu seorang penjahat ataupun pelacur, baik itu seorang koruptor atau pun director, baik seorang menteri ataupun seorang peragawati. Kita semua terlahir dari rahim ibu, ibu yang dengan tulus ikhlas mengandung merawat dan membesarkan kita hingga sekarang kita menjadi seperti ini. Coba saja kalo ibu kita tidak ikhlas mungkin kita sudah di aborsi. Ketika kecil kita sakit beliau merawat kita, ketika kita belum bisa berjalan, beliau menuntun kita, ketika kata belum terucap beliau membimbing kita. Siapapun ibu kita entah renta atau masih muda, entah masih bersama kita ataupun sudah tiada, mari kita ucapkan terima kasih pada beliau, mari kita kasihi beliau sebagaimana kita dulu beliau kasihi, Ya Tuhanku berikanlah tempat teramat istimewa bagi ibuku tersayang.

    Selamat Hari Ibu

  16. Sore mas saya belum nonton film tersebut tapi apa yang ada dalam isinya saya yakin ketika suara seseorang itu patut didengar, maka dengarkanlah😀 salam hangat dan salam kenal

  17. Hariez said

    wah mas KoJeng saya sudah berkali-kali nonton film ini dan saya sangat menyukai semua isi dari film ini yg menceritakan 2 pendapat dan sebuah keputusan yang akhirnya tepat diambil oleh sang kaisar setelah pengorbanan Sang pejuang banyak makna yg bisa diambil dari film ini

  18. Maaf’s lama tak menyapa … smoga sehat slalu😉

    hanya berusaha agar suara bisa di(ter)dengar ..

    salam

  19. indra1082 said

    SELAMAT HARI IBU
    JUST 4 MOM

  20. Siti Fatimah Ahmad said

    Assalaamu’alaikum

    SELAMAT HARI IBU ini ku tujukan buat:

    1. SAHABATKU ….SEORANG IBU
    2. IBU KALIAN
    3. ISTERI KALIAN

    SAHABAT,
    MENGERTILAH BAHAWA…..

    Hati IBU bagaikan jurang yang didasarnya selalu ada maaf
    Di sisi IBU adalah tempat yang paling aman
    Cinta IBU tidak pernah lapuk
    Cinta IBU adalah yang laing baik daripada segalanya.

    # KEPADA SAHABAT DAN PEMBACA YANG BERADA DI LAMAN SAHABATKU INI… Semua anda dijemput ke LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI untuk menerima HADIAH AWARD –AWARD ISTIMEWA dari saya sempena menyambut SELAMAT HARI IBU di Indonesia.

    Dengan segala hormatnya saya mempersilakan anda sekelian menerimanya sebagai tanda ketulusan hati SEORANG SAHABAT yang mencintai kalian.

    Selamat Tahu Baru Hijriyyah 1431 dan Selamat Tahun Baru 2010
    Salam mesra dari BANGI, MALAYSIA.

    -SITI FATIMAH AHMAD –
    22 Disember 2009/RABU

  21. Andy said

    Kesel juga kalo lagi ngomong gak ada yang dengerin…
    Filmnya sepertinya bagus, udah nonton kah…

  22. kalau aku selalu melihat mood dan sikon.. tapi lebih cenderung otoriter dan semaunya sendiri pastinya.. apa yang aku inginkan akan sekuat diri kuperjuangkan..
    hehheee…

    btw, mau ngenalin blog baru ni..

    http://ruangperempuan.web.id

    sebuah persembahan untuk ibu di hari ibu.
    berkunjung ya…

  23. KangBoed said

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    ‘TUK SEMUA SAHABATKU TERSAYANG

    ” I LOVE YOU PUUUUULLLLLLLLLLL “

  24. KangBoed said

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    ‘TUK SEMUA SAHABATKU TERSAYANG

    ” I LOVE YOU PUUUUULLLLLLLLLLL “

  25. Nisa said

    Wahh… jadi pingin nonton filemnya ^^

  26. dedekusn said

    Filmnya emang ok bangets…
    Sukses lagi Mas Kojeng!

  27. aku suka the last samurai..🙂

    selamat, nama saudara keluar sebagai salah satu pemenang di TASBIH
    1431H. mohon konfirmasi alamat utk dikirimi paketnya. pengumuman bisa
    dilihat di
    http://dhila13.wordpress.com/2009/12/28/tasbih-di-rumah-pohon/

  28. KangBoed said

    😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fuuullllllllllllllllllllllllllllllll

  29. KangBoed said

    waaakakkakakkakakkakkk

  30. sedjatee said

    Kami menyampaikan selamat tahun baru, semoga senantiasa sukses dalam menjalani kehidupan… tetap semangat…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  31. Rychan said

    mo ngucapin selamat tahun baru mas….semoga ditahun baru ini kita semua mendapat kesuksesan….amiin…salam smile dari Cilacap🙂

  32. muamdisini said

    saya tak pernah bosan dengan cerita tentang kesetiaan dalam film ini….

    btw, saya Mohon dukungan dari kawan-kawan agar para pemilik “kekuasaan” tak menggunakan segala kewenangannya untuk memuaskan nafsu-nafsu mereka…

  33. kok belum update nie!!

  34. tukangpoto said

    Kita beri contoh jalan keluarnya, dan kita sendiri juga yang melakoninya. Sebab sebuah contoh yang nyata adalah lebih baik daripada seribu kata-kata. Tetap semangat mas!

  35. KangBoed said

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll..

  36. KangBoed said

    Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

  37. Rychan said

    Maaf melenceng dari isi, mohon keblog saya dan memberikan dukungan. Allahu akbar!!

  38. Waduh…
    yang ini belom nonton uy…
    hehee….🙂

  39. dian said

    jangan dian saja, karena dianggap tidak terganggu. alias setuju.
    kalau pada kenyataannya tidak setuju, bergerak, berbuat, bersuara. kalau kalah, tidak didengar, diabaikan, maka pergi. karena berada di tempat yang tidak kita sukai, tidak kita pilih, sungguh menyakiti nurani.
    haduh… sok tau saya ya…

  40. sangsaka said

    wadoh… apa kabar sobat… lama tak bersua kesini… gara2 suspended.. ilang semua daftar di blogroll… jadi bingung mesti blogwalking kemana😆

  41. dykapede said

    Selamat malam dan pagi cz sudah lewat jam 12 malam !…salam ^_^…V

  42. yah, mungkin harus angkat bicara jangan diam saja…
    karena kalau kita hanya diam mana mungkin suatu masalah akan terselesaikan..

  43. SUka…

  44. FiyaFiya said

    Nice blog~
    Maen k tempatq jugah ya…

  45. ya kalau kita diem kita tak akan bisa menyelesaikan masalah ini,,,

  46. thanks to info…Kita beri contoh jalan keluarnya, dan kita sendiri juga yang melakoninya. Sebab sebuah contoh yang nyata adalah lebih baik daripada seribu kata-kata. Tetap semangat ya!!!!!

  47. harus berani mencoba, pasti ada solusinya

  48. kalo ngomong juga ngada yang denger, mending diem aja, gak ngabis2in energi. gak buat kesel..

  49. wah ini filmnya mengharukan banget, mengisahkan tentang pengabdian utuk mati dalam jati diri sebagai samurai melawan moderenisasi dan politik jepang dengan cara hidup bersama alam. ini akan menjadi tontonan yang mendidik dan film sepanjang masa. berkujung yah ke blog saya http://sewa-mobil-bali-murah.blogspot.com

  50. Sahabat adalah seseorang yg slalu ada disampingmu yg sabar mendengarkan keluh kesahmu dan bersedia menemanimu menjalani hidup

  51. Penderita sipilis fase primer atau sekunder bisa menularkan penyakitnya karena itu penderita sebaiknya menghindari hubungan seksual sampai penderita dan mitra seksualnya telah selesai menjalani pengobatan.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: