Apa Arti PageRank bagi Anda?


Tiba-tiba beberapa hari yang lalu saya mendapati blog ini “dianugerahi” PageRank sama Mbah Google. Saya tidak mau percaya begitu saja. Situs-situs pengecek PR saya coba satu persatu, ternyata benar adanya.

Selain mengecek blog ini, saya iseng-iseng mengecek blog sahabat yang sebelumnya saya tahu juga ber-PR0 seperti saya. Ternyata eh ternyata, sahabat-sahabat saya kebanyakan juga sudah dapet bigkisan PR dari si Mbah. Kayaknya, selama saya absen dari peredaran selama beberapa hari, ada bagi-bagi PR ya… Syukurlah, meski telat toh saya tetap kebagian juga?

(Bagi yang belum tahu apa itu pagerank, jangan bertanya pada saya. Silakan berguru pada Mbak Nunik di sini.)

Gak percaya? Plis… kali ini jenengan percaya sama saya ya…?🙂


Meskipun saya sendiri juga masih belum percaya blog asal-asalan ini diberi PR oleh si Mbah Google, tapi toh kenyataannya demikian. Jadi jenengan harus percaya. Jangan sampai dengan mempertanyakan keputusan si Mbah Google tersebut, jenengan dianggap cucu yang durhaka… he.he.

Meski “cuma” diberi PR2, toh itu sudah cukup membuat saya berbunga-bunga… he.he. *mode lebay ON*

Bagaimana tidak,setelah sekian lama saya ngiri melihat blog sahabat yang sudah duluan dianugerahi PR, saya sudah hampir putus asa alias berhenti berharap. Mungkin memang Google gak asal kasih PR ke blog amatiran seperti punya saya ini, pikir saya. Mungkin juga Google sudah punya teknologi canggih yang bisa memebedakan mana blog yang digarap sungguh-sungguh dan blog asal-asalan.

Tapi Alhamdulillah, ternyata dugaan saya keliru… Buktinya saya kebagian PR juga… Ini membuktikan, blog asal-asalan pun bisa dapat pengakuan juga… He.he.🙂

Kembali ke judul ya, Apa arti PageRank bagi jenengan? Jawaban saya berikut ini mungkin akan berbeda dengan jawaban jenengan semua…

Saya, yang sejak awal ngeblog cuma bermodal seadanya (atau malah gak modal apa-apa? He.he :)), tentu tak berharap banyak dari blog ini. Selain itu, sejak pertama kenal blog, saya sudah ter-“doktrin” Ndoro Kakung dengan ajarannya Ngeblog dengan hati. Bukan ngeblog untuk mencari uang atau sejenisnya.

Al hasil, saya pun tidak terlalu serius mengembangkan blog saya ini. Masalah peringkat dan jumlah pengunjung tidak menjadi prioritas. Inilah mungkin yang jadi kelemahan saya. Di satu sisi saya cuek dengan hal tersebut, di sisi lain saya kadang ingin blog saya ini diakui dan dikunjungi banyak orang… (Ah, mbingungi… he.he. :))

Ditambah lagi beberapa sahabat juga menyarankan agar saya tidak ambil pusing dengan masalah peringkat tersebut. Biarlah berjalan apa adanya. Katanya, yang penting dari aktifitas ngeblog adalah semangat berbagi-nya. Semangat yang membuat kita bisa terus bertahan, meski peringkat tak kunjung di dapat… He.he.

Dan yang lebih penting, dengan tidak mempedulikan semua itu saya bisa jadi lebih bebas. Bisa ngomong dari yang berbau politik, pendidikan bahkan sampai yang gak penting pun suka-suka saya.

Kalau pun toh akhirnya keberadaan kita “diakui” juga oleh si Mbah Google dengan anugerah PR-nya, anggap saja itu sebagai wujud penghargaan atas kontribusi kita berpartisipasi di ranah maya ini.

Bukan begitu sahabat?

Salam.

24 Komentar »

  1. Jadi malu, nama saya di bawa-bawa, padahal nggak bisa apa-apa. Kalo ditanya: Kok PR saya nggak mundhak-mundhak, padahal orang lain udah pada naik PRnya, gimana hayo saya harus njelasin?

    Kok, malah ngajuin pertanyaan ya saya???

  2. guskar said

    klo saya bukannya nggak peduli dengan PR plus alexa-nya (bahkan di sidebar saya nggak terpasang widget itu), tp saya masih berpikir apakah PR itu bisa menilai kualitas suatu tulisan? kunjungan dan apreasiasi teman2 narablog lain mengenai tulisan saya, menurut saya jauh lebih penting drpd PR.
    ketika kemarin pd ribut masalah PR saya pun jd ikut2n latah nulis ttg PR ini ha..ha…

  3. Wah, malah lupa ngucapin selamat, dapat PR 2 buat Konjeng, dan PR 3 buat Guskar.😉

    • guskar said

      hwa.. mbak nunik ikut ngintip ya..🙂

  4. alamendah said

    (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    Selamat selamat…
    semua sudh pada lkebagian PR.

  5. yos said

    yos malah blognya yang dulu, baru dapat PR 1, terus malah yos tinggal, dan ni lagi membangun blog yang baru,😀
    selamat ya pak atas PR 2 nya..

  6. finda said

    Page Rank apaan c???wkwkwkk….

  7. fay said

    selamat mas kojeng buat PR-nya…:D

    telor bulet saya pun akhirnya terpecahkan sama kado halloween dari si Embah..:D

    setujju banget sama mas Kojeng..

    buat blogger macam saya yang butuh luapan ekstra bukan cuma di dunia nyata, kadang bisa ngeblog aja dah syukur banget…

    tapi kalo ada apresiasi gini, juga malah tambah syukur..hehehe..:D

    btw, kapan nih slamatan? kan dah naik kelas 2..hehehe..:D

    trus smangat nge-blog ya..;)

  8. ikiakukok said

    pr saya 0🙂

  9. tadinya saya PR 2, om … udah lama sekali. tapi entah ada yg meng-hack atau ada yg jahat atau bgmn, tiba2 PR saya jadi NOL besar… tak apa, PR tak berarti buat saya selama teman2 blogger masih bersama saya.🙂

  10. selamat udah dapet anugerah PR
    semoga nanti angka PR-nya makin gede
    amiiiiinnnn

  11. wilujeng atuh tos dipasihan PR ku buguru … abdimah teu nambih2 ;(

    Salam sukses n sehat slalu ..

  12. bunda yg gaptek ini memang nggak pernah peduli dgn PR dr si Mbah.
    kalau kemudian mendapatkan PR 4 tetap biasa2 saja, karena memang kunjungan dr sahabat2 lebih berarti banyak utk bunda .
    karena bunda merasa terhormat dgn kunjungan plus komentar2 yg diberikan, bikin tambah semangat utk ngeblog.
    PR dr si Mbah ,apakah bisa menjamin bahwa blog tsb benar2 bisa bermanfaat utk banyak orang dan dilihat dr sudut mana si Mbah memberikannya, tetap misteri Mas Kojeng.
    jadi, marilah kita tetap memelihara silaturahim di dunia maya yg bernama blog ini.
    salam.

  13. riankurus said

    bener tuh. saya juga tak perduli dengan page rank. kalo emang terkenal berarti mang dah nasib hehehe..

  14. hak1m said

    kembali ke tujuan awal ajah… page rank juga gak apa apa di usahain tapi tetep semangat untuk mempertahankan tujuan awal bro sist….

    tujuan awalnya bisa bermacam-macam tapi aku yakin semua yang menulis di blog pasti punya something behind their heart isnT?

  15. muamdisini said

    yang penting menulis dari hati yah mas…
    hehehe

  16. mbingungi or gak, menulis terus!!
    hehe

  17. Hai Om Kojeng, lama gak mampir kesini..
    Wah udah dapat PR yah? Selamat yah

    Btw sekarang malah udah PR3 ya om?
    Kayakna google lg bagi2 hadiar buat th baru tuh

    Ternyata kisah kita ada kemiripan yah
    Hehehehe…

    Oke terus berbagi om ^_^

  18. A.J.I said

    Tgl 30 des 09 kemarin blogku jd dpt GPR 3,tp memang sy pakai cr2 utk meningkatkan GPR spt pasang blog agregator di panel widget.menurut sy GPR scr g lsg jg pengaruh kpd hrl tlsn qt analoginya kalau ada netter mencari info ttg wafatnya gusdur n qt pny tulisan ttg it pd blog qt,klo blog qt pny GPR tinggi mk blog qt akan muncul d urutan 1st dst.n netter dpt lsg membaca tulisn qt n menilainya.so..netter dpt untung krn tulisan dblog qt n qt dpt untung tlsn qt dinilai oleh netter

  19. tukangpoto said

    Google kok dibilang ‘mbah’ sih, wong fotonya seksi begitu…hehe. Oh ya mas blognya sampean sudah PR 3 sekarang…

  20. masbadar said

    lha, saya kemarin malah marahin anak saya gara-gara ndak ngerjain PR-nya😀 :hammer

  21. PR si Mbah gak penting2 amat sih (tapi kalo dapat atau naik syukur alhamdulillah aja..)
    Yang penting teteup ngeblog.

    We blog for non-commercial purpose don’t we…?

  22. askamay said

    Saya baru tau kalo PR=Page Rank,bwahahahahahahahaha….
    Ternyata penting gak penting yah PR itu, mau belajar nge-blog aaahhhh, ada yang bisa rekomen “guru” nya?? nomer satu(1)=mbak Isnuansa Maharani, no 2=pemilik blog kolojengking.wp.com, no 3,4,dst????

  23. tuan said

    apa artinya PR itu?

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

