Tips : Kenapa “Blogger Pemula” batal menjadi Blogger?


Kenapa blogger pemula berhenti menulis dan “mengurungkan niat” menjadi seorang blogger?

Wah… Lama nggak nongol, tau-tau saya muncul kembali dengan pertanyaan “mengerikan” semacam itu. Ada apa gerangan? Adakah saya telah “bosan” menjadi blogger dan berniat “mengundurkan diri”? Atau bisa jadi saya menulis postingan ini sebagai bentuk “pamitan” alias Say Good Bye pada jenengan semua?


Ah… Bukan. Sekali lagi, Bukan Saudara-saudara… Saya masih betah berada di antara jenengan semua. Saya masih ingin meneruskan hobi saya mengurus blog.🙂

Kembali lagi pada pertanyaan di atas, kenapa blogger “pemula” berhenti menulis? Kenapa mereka berhenti menjadi blogger padahal umur blog mereka baru seumur jagung?

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut, dari pengalaman dan sudut pandang saya yang sederhana ini…

Sebenarnya sudah sejak lama saya tertarik dengan yang namanya blog. Bahkan saya dulu pernah “memberanikan diri” membuat sebuah blog, Awan Putihku namanya. Namun blog saya tersebut tak seberuntung blog Kolojengking ini. Hanya ada 1(satu) tulisan di sana, tanpa satu pun komentar yang masuk.

Jika ditanya kenapa blog saya tersebut “mati”, jawabannya Karena Blog Itu Nggak Saya Urus. Jika ditanya kenapa tidak saya urus?, jawabannya… Blog Saya Nggak Ada Yang Baca, Nggak Ada Pengunjungnya… Jika jenengan tanya lagi, loh kok bisa? Karena Saya Nggak Tau Gimana Caranya Narik Pengunjung Agar Datang ke Blog Saya…🙂

Blog tanpa pengunjung seperti televise tanpa pemirsa, seperti koran tanpa pembaca. Bukankah kita menulis di blog agar tulisan kita dibaca kemudian diapresiasi? Pendeknya, tinggal menunggu hari blog tersebut akan kehabisan nafas karena si empunya blog kehabisan semangat.

Berikut ini saya bagikan tips bagi blogger pemula, yang baru saja membuat blog dan sangat sangat berharap datangnya kunjungan di blog baru tersebut…

  • Blog saya sepi pengunjung, buat apa menulis jika tidak ada yang membaca?

    Saya masih ingat, saat pertama kali menulis postingan hal pertama yang saya harapkan adalah datangnya tamu dan terisinya kolom komentar. Apakah komentar pada tulisan secara otomatis bisa didapat seketika kita mem-publish sebuah tulisan? Bisa jadi IYA, namun kemungkinan besarnya adalah TIDAK.

    Logikanya sederhana, seseorang bisa mampir ke blog kita karena mereka tahu keberadaan kita. Dengan hanya membuat blog dan mem-publish beberapa tulisan, tidak serta merta membuat nama kita muncul di mana-mana. Padahal “kemunculan” kita di banyak tempat itulah salah satu senjata ampuh menarik pengunjung baru ke blog kita.

    Solusinya : Setelah menulis postingan, segeralah melakukan aktifitas blogwalking. Kunjungi blog-blog lainnya dan tinggalkan jejak di sana, jangan pelit komentar. Jika perlu, tulislah komentar sebanyak-banyaknya. Selama komentar jenengan relevan dengan isi postingan, si empunya blog pasti menyenangi komentar-komentar tersebut.

  • Saya sudah blogwalking, kok masih saja sepi?

    Bisa jadi demikian. Jenengan sudah ngalor-ngidul mengunjungi blog-blog yang jenengan ketahui, dan juga sudah meninggalkan komentar di sana. Dengan hati deg-degan jenengan berharap si empunya blog akan mengunjungi balik ke blog jenengan. Tapi kenyataannya, yang ditunggu tak kunjung datang… Ada yang salah?

    Tidak ada yang salah mungkin. Tapi, blogwalking jenengan mungkin tidak tepat sasaran. Tidak semua blogger yang jenengan kunjungi adalah blogger yang senang dikunjungi dan senang mengunjungi tamu yang datang. Artinya, mungkin blogger yang jenengan kunjungi adalah tipe yang senang dikunjungi, tapi tidak hobi berkunjung balik. Blogger tipe ini biasanya:

  1. Tipe-tipe blogger seleb, blogger senior yang sudah punya kelas.

    Blogger tipe ini biasanya blogger yang memiliki blog dengan tamu tiap harinya mencapai ratusan bahkan ribuan. Cirinya, memiliki PageRank tinggi (4 ke atas…), Alexa Rank-nya juga aduhai (di kisaran 100.000 ke bawah…) , selain itu di tiap postingan yang ditulis isinya banyak sekali komentar yang masuk tapi sangat sedikit bahkan tidak ada yang ditanggapi. Dari tipe blogger seperti ini jenengan jangan terlalu berharap akan dikunjungi balik. Tapi bukan berarti mengunjungi mereka tidak ada gunanya, justru dari mereka-lah jenengan bisa belajar bagaimana menjadi blogger “berhasil”, yang sukses membuktikan eksistensinya di kancah blogsphere ini.

  2. Tipe blogger sambilan, yang punya blog tapi jarang di tengok.

    Cirinya bisa di lihat dari kolom komentar sebagian ditanggapi sama pemiliknya, tapi tanggal bales komentarnya borongan. Biasanya juga, tanggal bales komennya juga gak up to date, sudah seminggu atau malah sebulan yang lalu… he.he.

    Kalo tipe blogger ini, jenengan jangan berkecil hati dulu. Jenengan belum dapat kunjungan balik mungkin karena si empunya blog belum mengunjungi blog-nya sendiri. Bagaimana mereka bisa berkunjung ke tempat jenengan, bahkan mengetahui keberadaan jenengan di blog-nya sendiri saja belum. Jadi bersabarlah… masih ada harapan mereka akan datang berkunjung.

  3. Tipe Blogger “masa lalu”

    Apa maksudnya ni? Ketika jenengan mengunjungi sebuah blog, coba tengok di sidebar. Di situ biasanya ada kolom arsip. Jika di kolom tersebut tertulis arsip tulisan terakhir berumur setengah tahun yang lalu, atau malah lebih tua dari itu, bisa disimpulkan blog tersebut sudah mati suri. Meninggalkan komentar di blog tersebut dan berharap kunjungan balik hanya akan sia-sia belaka. Si empunya saja tidak sempat mengurus “rumahnya”, bagaimana dia sempat mengurus tamu yang kebetulan mampir seperti jenengan?

Solusinya : Kunjungilah blogger-blogger dengan tipikal senang dikunjungi sekaligus senang mengunjungi tetamunya juga. Saya menyarankan jenengan mengunjungi sahabat-sahabat setia saya berikut ini :

Fadhilatul Muharram, Bunda Don’t Worry, Pak Aldy, Mbak Isnuansa,

DangStars,Zipoer7,PakDhe Cholik,Kang Casrudi,Kang Boed,

Gus Kar, Kang Alamendah, Kang dedekusn, RuangHati,

Mas Kopral Cepot, Mas Arkasala, Mas Hariez,

Mas D3pd, Kang Lurik,

IwakLele

Cukup sekian dulu dari saya, nggak usah banyak-banyak… Kunjungi dulu sahabat-sahabat setia saya di atas, DIJAMIN dalam waktu singkat blog baru jenengan segera kedatangan tamu… Garansi 100% uang kembali… he.he.

NB : Buat sahabat yang namanya belum tercantum di atas, mohon maap ya…🙂 Saya baru sempat mengumpulkan link-link tersebut dari Blogroll dan komentator di 4 postingan terbaru… Bagi yang mau protes, silakan “berteriak” atau “nyepam” di kolom komentar, insyaAllah akan saya koreksi… he.he.🙂

Gambar diatas saya ambil di sini : http://persianstudents.org

Salam.

33 Komentar »

  1. CINTA PERTAMAAX

  2. walaaaah masuk daftar tipikal senang dikunjungi sekaligus senang mengunjungi .. jadi malu😉

    klo menurut aq mendingan jd blogger biasa2 saja .. dikunjungi syukur Alhamdulillah .. ngak juga ngak apa2🙂 sing penting punya niat buat ngasih mamfaat sesama umat ..

    btw … http://blogger.bangunnegeri.com masih sepi uy .. he he he he .. tp ngak apa2, ide buat ngisinya juga masih mandeg ..

    salam sehat slalu buat kang mas kolojengking .. sepirit kang mas .. motivasi kita smua.

  3. alamendah said

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Wah saya masuk golongan “omnivora” Suka dikunjungi dan suka mengunjungi.
    Saya sih suka jalan-jalan karena merasa butuh untuk nguber ilmu biar gak terlalu oon terus menerus.

    • alamendah said

      Tuh kan, jadsi keliru. Mau bilang KETIGA, nulisnya malah PERTAMA
      Hatur Tengkyu

  4. tukangpoto said

    Semuanya memang harus diusahakan, nggak mungkin dateng sendiri dan jangan pernah berhenti menulis..salam kenal kang.

  5. cah ndeso said

    jadinya yang keberapAAAXXX yah ?😀

    weduuhh….klo saiya tipe blogger yang mana yah ? Soale klo dibilang blogger sejati, wong ndak tiap jam mlototin monitor ples bogwoking.

    mbuh lah…seng penting tetep semangat buat bogwoking ma komengtar. mPISS Om

  6. ooohhhhh , aku di masukan, tengkyuuu sekaliiii , tak doa kan semoga tambah sukses, blog nya tambah rame, PR nya tambah tinggi alexa nya tambah kecil

  7. duh, Mas Kojeng………..
    bunda merasa tersanjung, dimasukkan dlm daftar yg senang dikunjungi dan mengunjungi.
    semoga bunda memang jadi rajin berkunjung seperti yg Mas Kojeng tuliskan disini, amin.
    Semua yg ditulis diatas benar sekali Mas,
    krn kita memang hrs sabar dan juga mau ngurus ” rumah” sendiri.
    salam.

  8. yos said

    wooooyyyyyyy cuuuuuyyyyyy yos juga blogger dengan tipikal senang dikunjungi sekaligus senang mengunjungi tetamunya juga loh,, sumpah…. hehehehe…
    ——————————————————————
    link yos disini tolong dedit ya, dah ganti dot com sekarang….
    monggo mampir2 blognya yos

  9. Badruz said

    Saya juga masih jagung mas, harus banyak belajar dari para pendahulu.

    salam.

  10. fay said

    wah…tips-nya keren…

    smoga saya juga termasuk ‘kalangan omnivora’ itu yang suka komen dan dikomentari..hehehehe..:D

    salam kenal mas kolojengking..:)

    ~Fay~

  11. Andy said

    Ayo jangan mudah putus asa…

  12. guskar said

    **menjura… masuk blog yang direkomendasikan oleh mas Kojeng..🙂

    awal2 saya ngeblog dulu mmg ada perasaan antara melanjutkan dan menghentikan ngeblog, krn 2 bulan pertama sama sekali nggak ada komeng yang masuk. tp saya nekat nulis terus.. BW pun semakin rajin..
    ya.. hasilnya mmg nampak, jd banyak sahabat.. ide2 nulis pun terasa makin lancar
    para sahabat itu ternyata narablog yang tangguh2.. masing2 punya kelebihan dan kita dapat belajar dari mereka..

  13. Selamat pagi semua selamat berakhir pekan yah……… selamat liburan

  14. plentiswae said

    “Solusinya : Kunjungilah blogger-blogger dengan tipikal senang dikunjungi sekaligus senang mengunjungi tetamunya juga. Saya menyarankan jenengan mengunjungi sahabat-sahabat setia saya berikut ini :”

    salah satunya InsyaAlloh saya …… yak yak yak:mrgreen:
    (sorry pede amat …..)

  15. iya nih, kasihan kalo ngeblank ide…kayak diriku…

  16. rahman said

    ah… itu toh tipsnya… makasih banyak….

  17. resep klasik yang sudah terbukti kasiatnya menambah pengunjung adalah dengan blog walking, dan memberi komentar yang menarik

  18. yos said

    di sidebarnya YM’nya yos klik ko ngga masuk halaman “webmessenger”, terus cara addnya gimana nie?
    coba script yang lain pak?
    (apa malah browser komputer gw aja ya yang salah, hehehe)😀

  19. Dangstars said

    Kayanya… komen saya ditelen aki-aki.

    Udah di”muntahin” lagi kok pak… he.he.🙂

  20. Dangstars said

    Oo…
Kang Koje..hade pisan tulisannya…
Mantep marketop..

    he.he. masak sih pak dadang?🙂

  21. agust hutabarat said

    nice tips..
    brarti jenengan tipe blogger yang mau ngunjungi balik…
    http://agusthutabarat.wordpress.com

    Lapor, saya sudah dari tempat jenengan loh… hi.hi.🙂

  22. hpnugroho said

    salah satu menghormati tamu yg datang adalah balik mengunjunginya, saling silaturahmi ….
    kalo ketemu bloger seleb, ya gak masalah selama masih bisa mendapat ilmunya ….

    Kalo ketemu blogger seleb, boleh minta tanda tangan juga kok kang..🙂

  23. isnuansa said

    Doh, nama saya kesebut menjadi salah satu blogger setia dikunjungi, tapi nggak enak juga karena baru sekarang bisa berkunjung balik.

    Saya bukan masuk dalam tiga kategori itu, lho… PR saya belum 4, alexa juga belom di bawah 10 ribu, dan saya ngeblognya serius, nggak sambil tidur, hehehe…

    Dilihat dari kadar kesibukan dan frekwensi datang kemari, mbak nunik kayak’e bentar lagi deh jadi blogger seleb… he.he.🙂

  24. muamdisini said

    haduh, jadi malu…dari ciri2nya ternyata saya disebut blogger sambilan yah mas…
    (^^)…..

    yah, mau bagaimana lagi…meskipun begitu saya tetap senang jadi blogger..

    sekadar berbagi, blog saya baru mulai didatangi para pengunjung setelah 1,5 tahun dibangun setelah 80an kali saya posting tanpa dikomentari….
    hehehehe…

  25. awinryd said

    keren kang.. pas pisan… eh, bade tanglet.. google ads saget di pasang teng wordpress? wonten artikel-ipun yen wonten..😀

    20 Unique Print Ads

  26. agung said

    mohon dibimbing yaw coz ru bljar ngeblog…

  27. iroksbanget said

    hmmm, moga saya bisa jadi blogger sejati . mohon bimbingannya…^^
    —————————————————————–
    Masih belajar ngeblog niyh..
    Tukeran link yok? link blog mu udah aku taruh di blogroll ku..
    Arigato ,,, ^^

    http://iroksbanget.com/

  28. mantab gan. saya komment disini saja sambil pengen tau yang punya blog ini bertype apa.. hehehehe

    salam kenal

  29. Qisthi said

    misi mas nmpang nanya…
    blog saya kog gak ada page ranknya?

    thx..

    oia ,tukeran link yog…?

  30. Hmm gemana ya,, saya mau komentar tapi mungkin agak pedas,, maaf sebelumnya.

    Mencari pengunjung dengan berkomentar itu tindakan yang Kurang masuk akal,, maaf ya..,, coba lebih memperhatikan SEO, orang akan datang dari Search Engine,,

    Jika anda menganalogikan blog seperti koran,, masa orang yang beli koran anda adalah pengelola koran yang anda beli korannya heheheee. sekalilagi maaf.

    • Salam Kenal pak…

      Tips saya di atas emang khusus buat blogger pemula. Yang masih awal banget ngeblognya. Jadi untuk yang semacam SEO, mungkin juga belum paham betul. Tujuannya cuma agar mereka nggak patah arang, layu sebelum berkembang. Tentu ke depannya mereka (termnasuk saya) juga harus belajar SEO, biar blog makin rame….

      Terima kasih masukannya, sangat bermanfaat.🙂

      • arhsa said

        kamana ieuuuuu?
        beneran jadi berhenti nge-blog mas kojeng?
        saya aja update setengah tahun sekali hehehehe…

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: