Passive Income, kaitannya dengan Pengunjung Blog


“I’m back!”

Mungkin itulah kata yang ingin saya teriakkan di hadapan jenengan semua. Hampir 2 minggu saya tidak update isi blog, bahkan beberapa hari ini saya tidak menengok kondisi blog saya. Maaf sahabat, jangankan mengunjungi jenengan, bahkan blog saya pun terlantar… Hikz.😦

Tapi kini saya sudah kembali, menyapa dengan tulisan yang idenya saya peroleh secara tiba-tiba saat membaca postingan di sini.

Passive Income…

Yup, passive income. Saya meminjam istilah tersebut dari Robert T. Kiyosaki yang terkenal dengan bukunya, Rich Dad Poor Dad. Mungkin istilah tersebut bukan hasil karya Robert Kiyosaki sendiri, dan mungkin juga istilah tersebut sudah ada jauh sebelumnya. Tapi setidaknya saya mulai mengenal dan memahami arti istilah tersebut dari dia.

Apa itu Passive Income?

Secara sederhana, passive income dapat diartikan sebagai penghasilan (income) yang kita peroleh tanpa kita harus terjun langsung di suatu kegiatan bisnis (passive). Ibarat kata, kita tinggal ongkang-ongkang kaki, dan penghasilan masuk dengan sendirinya. (Jika saya salah mohon dikoreksi. He.he.)

Lalu apa hubungannya dengan blog yang saya maksudkan?


Hm… Seperti yang saya bilang, saya mendapatkan ide tulisan ini dari tulisan mas Iskandaria yang secara tegas mempertanyakan (atau menyimpulkan?) adanya hubungan gelap antara jumlah postingan dengan jumlah kunjungan tiap hari diblog tersebut.

Apa iya? He.he.

Saya mungkin belum cukup umur berpengalaman untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut secara tuntas. Karena selain saya masih anak bawang, analisa saya pun baru sebatas dari pengalaman pribadi. Saya belum pernah melakukan survey perihal masalah ini, baik yang kecil-kecilan apalagi yang besar-besaran. Kita anggap saja tulisan saya ini sebagai salah satu jawaban untuk menjawab pertanyaan Mas Iskandaria tersebut…

Loh, dari passive income kok melenceng kemana-mana?

Maap saudara-saudara, jika yang jenengan maksud “penghasilan pasif” di sini adalah penghasilan dalam bentuk uang, jenengan salah tempat. Yang saya maksud passive income ini adalah penghasilan dalam bentuk jumlah kunjungan ke blog kita dari orang-orang baru, yang mungkin belum jenengan kenal. Para tetamu yang datang karena diantarkan oleh Si Mbah Google atau referrer yang lain.

Lalu kaitannya dengan pertanyaan mas Iskandaria?

Seperti yang pernah diugkapkan mbak nunik, tulisan kita di blog adalah asset yang paling berharga. Dengan banyaknya tulisan kita, akan semakin banyak peluang tetamu yang datang karena mencari tulisan yang “pernah” kita tulis sebelumnya. Artinya, si Mbah Google akan semakin rajin mengantarkan tamu ke tempat kita. Apalagi jika tulisan kita berkualitas dan menjadi rujukan blogger lain, bisa semakin rame saja pengunjung blog kita.

Sigkatnya, saya termasuk yang setuju dengan peryataan bahwa semakin banyak jumlah postingan kita akan berpengaruh positif terhadap jumlah kunjungan ke blog kita. Tentunya dengan beberapa catatan. Tidak setiap tulisan yang saya buat mendatangkan “passive income” bagi blog saya. Jika dihitung, mungkin hanya beberapa saja.

Dari pengamatan saya, berikut ini beberapa kriteria tulisan saya yang menjadi sumber passive income di blog saya :

  1. Tulisan saya yang orisinil.

    Meski mungkin ada beberapa tulisan blogger lain dengan tema dan mungkin isi yang sama, tapi postingan ini 99% karya saya, bukan hasil inspirasi apalagi hasil contekan dari blogger lain. Tulisan saya yang seperti ini biasanya berupa tips dan trik yang saya temukan sendiri dari hasil ngutek-utek dan percobaan. Contohnya: Postinagn ini, atau, Tulisan yang ini, dan Tips ini juga…

  2. Hasil tembakan keyword.

    Ini kaitannya dengan SEO. Padahal saya sama sekali ndak paham dengan SEO-SEO-an. Jawaban logisnya, saya asal tembak aja dan kebetulan tepat sasaran. Contohnya : Postingan tentang sekolah kojeng ini.

  3. Tulisan yang “kebetulan” Up to date

    Up to date maksud saya adalah yang berkaitan dengan tema yang sedang hangat dibicarakan. Meski jumlah pengunjungnya rame di saat-saat itu saja, tapi lumayan buat tambah-tabah. Contohnya tulisan saya yang ini.

    Kesimpulannya, jumlah postingan yang banyak akan semakin POWERFUL manakala tulisan kita tersebut berguna, unik, orisinil dan didukung dengan keyword yang ampuh. Dan yang terpenting si Mbah Google ramah dengan blog kita, sehingga beliau dengan senang hati menunjukkan arah ke blog kita.

Sekian dulu, bagi jenengan yang lebih bepengalaman, bagi ilmunya dong di kolom komentar…🙂

Gambar saya pinjem dari sini : http://
wawanwae.blogspot.com

33 Komentar »

  1. alamendah said

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Mbalas pertamax dulu.
    Wakakakakak

    • waaah keduluan pertamax sama mas alam … habis baca dlu😉

      • alamendah said

        beok masih ada kesempatan, kok. Habis ini pastinya Kang Konjeng akan ngelakuin “One Day One post”.
        Biar passive incomenya makin luaaaancaaaaar…!!!

      • didta said

        info yang bermanfaat buat saya yang baru mengumpulkan dolar

      • didta said

        mampir ke blog saya juga ya pak

    • alamendah said

      (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
      Setuju sekali (walau sama-sama awam dalam hal SEO), keknya semakin banyak tulisan (dan terindeks google) akan semakin banyak mendatang tamu ke blog kita.

    • Hariez said

      maaafff..Kang KoJeng izin minta obat merahnya donk…Kacugaxxx nihhh:mrgreen:

  2. wilujeng back😉
    go od posting … nambah wawasan … tp kejebak juga kirain passive income dapet duit dr wp ..😀

    • Hariez said

      hahaha…emang aya naon Kang Cepot ??:mrgreen:

  3. btw … mas mo nanya nih kalo ganti “nilai” di rate this gimana? hasil otak-atik yah😉 emang “gak ada duanya deh”

  4. Kautsar said

    font-nya copy paste dari word yak..? pake verdana aja enak dibaca.. btw, gudlak deh..

  5. guskar said

    tamu2 yg diantar google ke blog saya, krn mereka mengklik suatu kata di luar perkiraan saya dan ini sering terjadi. kata itu adalah primbon dan degradasi lahan.
    saya sdg menunggu passive income dr guskar.com, yg mulai merangkak. mklm baru pindahan 2 bln lalu..🙂

  6. elmoudy said

    ilmunya manfaat banget bro…
    langsung kuterapkan di blogku….

    thanks inponya,,,
    met maleem

  7. Salam mas kojeng, pantes ta liat-liat agak sepi,…hehe

  8. Rychan said

    welcome back bro…… sama blog ane juga jarang update!!!!!!! Insya Allah akan update min 1x dlm 7 hari…..amiin……

  9. arkasala said

    jadi intinya memang harus rajin update dan memilih kata kunci yang tepat ya. Trims Kang. Salam🙂

  10. abeecdick said

    salam kenal nie mo ikut nimbrung di blognya.:)

  11. cyzko said

    walah ternyata robert t kyosaki belajar SEO juga toh

  12. Dangstars said

    Wah..Kalo Mas Koje nih
    Artikelnya pasti bermanfaat
    Nice Gan
    Thanks

  13. isnuansa said

    Ada nama saya disebut di postingan ini rupanya.😉

    Betul, postingan kita adalah aset yang kita miliki dalam blog. Tentu harus memperhatikan kualitas, ya…

  14. Betul Mas Kojeng, selain traffic pengunjung yg meningkat dengan key words yg tepat, ternyata apdet juga ikut mempengaruhi ya……….
    Salam.

  15. Hariez said

    kalo saya hanya menulis apa yang ingin saya tulis Om KoJeng jadi hanya mengalir sesuai apa yang saya lihat😀

    -salam- ^_^

  16. selamat datang kembali om… hehe… giliran saya yg vacuum nih. lagi keranjingan twitter siih. hehe… lagian emang gak bisa kayak dulu lagi, punya banyak waktu utk blog. hikz-hikz… coz ada urusan yg membutuhkan perhatian ekstra.

    soal passive income… ya, tulisan orisinil memang gacoan utk blog kita. tapi buat saya, om, blogwalking lebih ampuh utk mengantarkan banyak pengunjung dan teman.😀

  17. Badruz said

    wah, tips yang sederhana, tapi oke bang.
    salam,

  18. indra1082 said

    Numpang baca

  19. indo Hijau said

    Imajinasi saya ketika membaca kalimat passive income sudah duit melulu. Kenapa istilahnya nggak “unik quest” atau sejenisnya konjeng.
    Membuat artikel memang gampang-gampang susah, blogger kencur kayak kita sebagus apapun tulisan harus iklas untuk menerima kunjungan yang sendikit.
    Mungkin yang paling pokok menurut saya adalah konsistensi dalam postingan artikel. entah itu dua hari sekali, tiga hari sekali. Jangan meniru saya, kalau saya sih posting sekenanya saja, lagi ada materi posting, kalau lagi nggak mood ya stand-bye.

  20. klo 1 posting 1 pengunjung, 1000 posting 1000 pengunjung. tapi kapan ya bisa mencapai 1000 posting?


    kirain passive income a la anne ahira..
    wkwkwkwk


    Pelan-pelan aja mas, insyaAllah pensiun ntar juga kelar.. he.he.🙂

  21. RagieL said

    Makasih sharingnya, newbie ni

  22. D3pd said

    semoga saya dan kita semuanya akan mendapatkan passive income untuk kehidupan yang lebih baik!

  23. muamdisini said

    setidaknya, semakin banyak tulisan artinya semakin banyak ilmu, pemikiran, dan pengalaman yang dibagi….

    wuuuzzzzz….

  24. yos said

    tulisan harus orisinil, itu yg paling penting..
    ————————————————————————
    brow, maaf ngrepotin nie, link blog aku disini tolong diedit ya, jadi dot com saja, cz kemaren ada rejeki dikit ganti domain jd dot com… tolong ya… terimakasih…

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

