Tips & Trik : Membuat nama pada komentar nge-link ke blog wordpress


Ketika pertama kali membuat blog, setelah menulis beberapa postingan, tentu jenengan sudah nggak sabar ingin jalan-jalan (blogwalking). Mengunjungi blog tetangga, membaca-baca tulisan yang ada, kemudian segera meninggalkan komentar di sana.

Berharap blogger lain tahu keberadaan kita, dan berdoa semoga mereka juga mengunjungi blog yang baru kita buat. Tapi, ketika komentar dikirim, muncul di layar jenengan bertanya-tanya…

Kok, nama saya tidak bisa di-klik? Tidak seperti pada komentar lain yang dengan meng-klik namanya kita segerabisa menuju blognya? Bagaimana blogger lain atau si tuan rumah bisa balik mengunjungi saya?

Itulah gambaran pengalaman saya waktu pertama kali ngeblog. Dan, sampai sekarang saya juga masih menjumpai beberapa blogger yang nama pada komentar tidak bisa di-klik, tidak bisa dikunjungi. Entah karena mereka memang tidak punya alamat blog, ingin anonym saja, atau belum ketemu caranya?

Pertanyaan itu pula-lah yang dilayangkan pada saya, oleh seorang temen yang sedang mulai ngeblog, si IwakLele. Temen kerja yang tertarik ikut ngeblog karena virus yang saya tularkan. Sebenarnya saya bisa saja menyarankan dia menuliskan alamat blognya bareng komentar, tapi takut dianggap kurang sopan atau jangan-jangan nanti malah dianggap spam. Atau, menyuruh dia mengirim komentar secara manual tanpa Log-in. Tapi sepertinya kurang praktis juga.

Terus?

Saya sempat bingung juga. Saya yakin, dulu saya juga pernah mengalami hal yang sama. Sempat dibuat pusing karenanya. Meski akhirnya terpecahkan juga, sayangnya saya lupa caranya. Itulah efek buruk tidak menuliskan ilmu yang didapat, bukan saja kurang manfaat tapi bisa jadi lupa-lupa ingat… He.he.

Awalnya, saya mengajari dia membuat Gravatar terlebih dahulu, perkiraan saya hal ini bisa di-atur lewat setting yang ada di sana. Gambar avatar sudah muncul, tapi nama Iwak Lele tetap aja berwarna hitam, tanda tidak mengandung hyperlink.

Akhirnya, setelah utek-utek, membuka satu per satu menu di Dashboard WordPress, ketemu juga caranya.

Begitu mudah ternyata, tapi berhubung nggak tau yap using jugaβ€¦πŸ™‚

  1. Log-In ke akun WORDPRESS.COM jenengan.

  2. Dari menu-menu di sidebar, pilih menu Users kemudian pilih Your Profile.

  3. Jika halaman profile sudah muncul sempurna, tarik scroll ke bawah, temukan Contact Info di sana. Ketemu?

  1. Isikan alamat blog jenengan di kolom Website ( contoh : http://iwaklele.wordpress.com)

  2. Ada banyak setting di sana. Silakan isi sesuai keinginan jenengan. Tapi jika cuma ingin agar nama bisa di-klik, sampai sini sudah cukup.

  3. Pilih Update Profile di pojok kiri-bawah.

  4. Selesai. Hasilnya :

  5. Untuk mengecek apakah sudah berhasil, silakan kunjungi blog lain dan tinggalkan komentar di sana.

Semoga bermanfaat, khususnya bagi temen-temen yang baru belajar ngeblog. Semangat!!!!πŸ™‚

Related Topics : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

More at : TIPS dan TRIK

30 Komentar »

  1. berharap di klikπŸ™‚ nice info

    udah kang…πŸ™‚

  2. Fitri said

    Keduax dulu ah..

    Saya ketigaaaax…πŸ™‚

  3. isnuansa said

    Mantep Konjeng, sudah bikin tips untuk blogger. Lanjutkan!πŸ˜†

    Belajar dikit-dikit biar bisa kayak mbak nunik…πŸ™‚

  4. Babesajabu said

    Tips nya Mantap, Bro…

    Mantap ya? he.he.

  5. alamendah said

    (maaf) izin mau KELIMAAAXXZ duluan. Boleh kan?!
    matab Konjeng. Tips2 sederhana yang penting.
    lanjutkan!!

    Dimaafkan kang alamendah…πŸ™‚

  6. iwaklele said

    makasih kojeng atas bantuannya “_” hehehe

    Sama-sama kang…πŸ™‚

  7. Hebat Mas Kojeng, ini yg namanya sederhana tapi penting.
    terima kasih sudah berbagi ilmu.
    kalau besok2 ada lagi ilmu yg lain, pasti dibagi2 lagi, itulah Mas Kojeng.
    Salam.

    Bisanya ngasih tips baru yang sederhana bunda…πŸ™‚

  8. Rizal Islami said

    hebat mas,,,,,,,,,,,,,,beautiful

    Yang beautiful sapa kang? *clingak-clinguk*πŸ™‚

    • Batavusqu said

      pasti sayaπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  9. zipoer7 said

    Salam Takzim
    Saya juga dulu sering menggunakan code html dibagian yang akan di snopshot diberi kode seperti ini disini
    ribet banget eh dapat tambahan nih dari om konjeng nih terima kasih om konjeng
    Salam Takzim atavusqu

    Sama-sama pak…πŸ™‚

    • zipoer7 said

      Diskusi Sabtu Pagi sudah didapat kesimpulan dan sudah dipraktekkan di halaman widget

      • zipoer7 said

        Terima kasih aatas atensinya kang Konjeng
        Salam Takzim Batavusqu

  10. Rychan said

    wah bnr jga tuh klo ilmu nggak cpt dicatat,ujung2xnya jdi lupa-lupa ingat……. biar dikit ilmu tetaplah ilmu……. salam Rychan ….πŸ˜‰

  11. Adam said

    wow ilmu wordpress saya ga pakai sih tapi buat utak-atik oke juga nie
    lagi seneng belajar cms udah cobain bbrp joomla,wp,coppermine,drupal,smf
    yang masih lom ngarti bgt wp ama drupalπŸ˜›
    thanks ilmunya bosπŸ˜‰

  12. BeLajaR said

    hahaha…
    saya juga dulu kayak gitu kang…
    malahan sempet buat rumah baru buat coba2 juga.
    setelah tau caranya, baru deh balik lagi ke rumah lama,,,
    trus rumah baru yg di delete.
    makany, di blogQ ad page arsip ‘diriq’,,, arsip dari rumah laen yg sempet kubuat.πŸ˜€

  13. Mufti AM said

    Perlu dicoba nih. Thanks infonya…

  14. herico said

    Terimakasih dari kemarin sempet bingung yang lain bisa ngelink tinggal gue komentar eh ga bisa sendiri…

  15. teguhiw said

    aku coba triknya, trims.

  16. html1155 said

    Urang ka sabaraha nya?, punten akh… Izin nyoba tips nya….


    Mangga kang…πŸ™‚

  17. jorbyn said

    lam kenal mas…..baru mulai ngeblog nh

  18. dr.john said

    tips yang sangat berguna…
    maturnuwun kang…..

    dr.john
    http://www.obataborsi.co.nr/

  19. dr.john said

    maturnuwun kang…
    tips sangat berguna…

  20. wah… matur suwun mas tips nya…
    blog nya tak link yo mas…

    Sama-sama pak, sudah saya link balik…πŸ™‚

  21. nurchan said

    mampir donk di blog camilanku….!!!suwun atas tips nya..
    salam cah solo…

  22. thx, good info!

  23. TERIMAKASIH ATAS ILMUNYA…
    SALAM KENAL, SALING MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGi…WAH, BLOG-NYA CUKUP INFORMATIF…OYA, BISA PASANG BANNER / LINK GA YAH…???
    HTTP: / / DUTACIPTA.WORDPRESS.COM πŸ™„

  24. Mabruri said

    blogwalking,
    kebetulan saya juga punya kasus kaya gitu,, setelah baca2 yg ini, saya mau mempraktekkannya di sini, sudah bisa ngelink pa belum nama saya???
    maturnuwun

  25. arif said

    god bang

  26. arif said

    thx gan

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

