Membuat Related Post di WordPress.com


Sudah sejak beberapa hari ini saya selalu ngiri saat mampir-mampir di blog tetangga. Terutama sama temen-temen blogger yang sudah memiliki domain sendiri. Sepertinya, mereka dengan leluasa bisa memodifikasi blognya. Berbeda dengan saya yang masih meggunakan wordpress gratisan ini. Banyak keterbatasan, juga banyak aturan. He.he.🙂

Contoh kecil saja, saya selalu ngiri melihat halaman postingan yang dilengkapi related post (daftar judul postingan yang temanya berkaitan). Apalagi setelah saya baca-baca, ternyata related post ini banyak fungsinya. Selain bisa memudahkan pembaca menemukan artikel yang dicari, konon katanya related post ini bisa meningkatkan jumlah baca pengunjung. Hufh… Semakin pengin saja saya…

Seperti biasa, meguru pada simbah google jadi langkah pertama. Saya bermaksud mencari widget atau kode HTML, (bukan plugin loh, kan wordpress saya gratisan… he.he.) yang bisa meng-generate related post secara otomatis. Harapan saya, tinggal pasang sekali, setelah itu related post muncul dengan sendirinya di tiap postingan.


Tapi apalah daya, hasilnya tak sesuai dengan yang saya harapkan. Hampir seharian saya bolak-balik ke simbah google, hasilnya: NIHIL. Kebanyakan trik yang ditawarkan adalag plug-in bagi self hosted atau blogspot. Ada juga yang menawarkan widget yang di-generate oleh “third party” seperti LinkWithin, tapi tetep aja gak bisa. Konon katanya WordPress.com tidak mengijinkan widget dari pihak ketika apalagi script yang berbau Java.

Apa saya menyerah begitu saja?

Maaf saudara-saudara, menyerah bukan sifat saya… He.he. (Sok cool… ). Gak ada rotan, akar pun jadi. Gak bisa otomatis, yang manual pun tetep jadi…

Dengan berbekal Microsoft Word 2007, add ons firefox COLT dan ilmu learning by doing, akhirnya saya punya related post juga. Bisa jenengan lihat di bagian bawah postingan ini. Lumayan to? Meski seadanya, minimal bisa buat tamba pengin saya… Hi.hi.

Microsoft word 2007 yang bisa buat blogging jadi andalan saya. Untuk memudahkan copy-paste judul posting dan copy-link location, saya menggunakan add-ons firefox bernama Colt.

Bagi yang mau ribet membuat related post secara manual seperti punya saya, jenengan bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Silakan KLIK DI SINI untuk mendapatkan kode HTML-nya.

  1. Buatlah posting baru melalui POST–> New. Beri Judul RELATED POST.
  2. Ubahlah posisi editor dari VISUAL ke HTML
  3. Paste-kan kode HTML di atas.
  4. Kembalilah ke posisi editor ke VISUAL
  5. Silakan edit kolom related post yang muncul sesuai keinginan jenengan. Mau ditambahkan apa, silakan.
  6. Jangan lupa memberikan hyperlink pada tiap-tiap judul postingan.
  7. Simpan draft tersebut, jika sewaktu-waktu dibutuhkan, tinggal modifikasi lalu copy-paste.
  8. Jika sudah selesai, copy-paste kode HTML-nya di bawah tiap postingan yang jenengan buat. Tentunya isi link di related post juga disesuaikan dengan tema postingan.

Bagaimana, ribet bukan? He.he.

Agar tidak terlalu ribet, saya membuat halaman khusus di draft yang berisi daftar related post berdasarkan category. Harapan saya biar gak perlu bolak-balik membuatnya. Tinggal copy-paste kode HTML yang ada sesuai kategori postingan.

Bagi jenengan yang senyum-senyum membaca postingan ini karena mengetahui cara yang lebih mudah, silakan isi di kotak komentar. Saya akan dengan senang hati meguru sama jenengan. He.he.

Salam,🙂


Related Topics : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

More at : TIPS dan TRIK

54 Komentar »

  1. Arka said

    Pertamax dulu…….

    Saya sudah mencobanya ni kanjeng Kolojengking…terima kasih utk infonya yach…

    *BW utk ngenalin blog baru nih Kanjeng..

    #Kojeng : Sama-sama mas, khusus yang mau ribet ajah…🙂

  2. arhsa said

    ooo itu to related post, baru tahu, ilmu baru nih, makasih mas kojeng.

    #Kojeng : Sama-sama mas arsha🙂

  3. Dangstars said

    Mantep surantep…



ini yang dicarii…



Sukses selalu

    #Kojeng : Dinikmati seadanya ya kang dadang…🙂

    • Dangstars said

      Assalamualaikum wr.wb.
      Selamat datang dlm penerbangan RAMADHAN AIR tujuan Bandara Internasional IDUL FITRI dgn nomor penerbangan 1430 H dengan ketinggian 2009 M dari permukaan laut,
      Tidak lama lagi kita akan menempuh penerbangan yg berjarak tempuh 30 hari & akan memasuki wilayah PUASA.
      Mari tegakkan kursi IMAN serta sandaran TAQWA.
      Bila terjadi guncangan dlm perjalanan, pasang selalu sabuk ZIKIR, TAHAJUD & SEDEKAH JARIAH.
      Pilot anda…AL ISLAM dan Copilot ALQURANUL KARIM Bersama Pramugari Rahmah, Maghfirah dan Jannah.
      Kami selalu berharap dpt menerbangkan anda kembali menuju negeri JANNATUN NAIM pd kesempatan berikutnya. ALLAHUAKBAR…! Mohon maaf lahir dan batin.
      Kang Dadang Sekeluarga .

      #Kojeng : Waalaikum salam pak dadang… Selamat berpuasa juga ya kang.🙂

  4. MacFamous said

    hoho ternyata wp.com bisa dikasih related sendiri yah
    ok deh dicoba triknya kereen daah😉

    #Kojeng : Tapi ya seadanya…🙂 Salam kenal.

  5. casrudi said

    Hehehe… keren mas… baru tau ada trik seperti ini…🙂

  6. wow… jadi pengen juga… *hohoho*

    #Kojeng : Hi.hi. Dicoba aja to jeng dilla…🙂

  7. Saka said

    beuuuuuuhhhh tap surantap trikna…. TAK ADA ROTAN, RAAM PUNJABI poko’na mah:mrgreen:

    #Kojeng : Seadanya atu kang Saka…🙂

  8. oh gitu ya, Mas Kojeng.
    wah, boleh dong ikut mencoba.
    terima kasih ya Kang sudah mau berbagi ilmu.
    Salam.

    #Kojeng : Silakan bunda, kalo jenengan ngersakke repot dikit…🙂

  9. ares said

    asyik ne. bagi mas. kirim ke email saya ya. makasih banyak

    #Kojeng : minta kiriman apa mas?🙂

  10. Mjb said

    Siip ilmunya. Thanks. Dah lama nyari postingan tentang related post. Dicoba dulu akh…

    #Kojeng : Sama-sama kang. Thanks dah ninggalin komen…🙂

  11. azzaam said

    katanya hanya beberapa theme saja yang support related post…
    so, cara seperti ini kreatif banget🙂

    #Kojeng : Gak ada rotan, kursi pun jadi… haiyah…🙂

  12. […] Membuat Related Post di WordPress.com […]

  13. […] Meski mungkin ada beberapa tulisan blogger lain dengan tema dan mungkin isi yang sama, tapi postingan ini 99% karya saya, bukan hasil inspirasi apalagi hasil contekan dari blogger lain. Tulisan saya yang seperti ini biasanya berupa tips dan trik yang saya temukan sendiri dari hasil ngutek-utek dan percobaan. Contohnya: Postinagn ini, atau, Tulisan yang ini, dan Tips ini juga… […]

  14. Ini yang aku cariiiii !!! akhirnya ketemu juga. Saya dah nyoba Related Post, tapi saya lum bisa buat “isi link” . Maksudku isi link itu kita buat di halaman statis, atau di tempat lain ????. Terus gimana caranya ? Sementara ini saya buat di halaman statis tapi judulnya saya hapus . aguk lucu emang tapi gak ada rotan akarpun jadi. Kalo gak ngrepotin balas ke emailku juga boleh, heee hee
    Suwun Kang Kolo….

  15. arazone said

    numpang belajaar..he..he

  16. alief said

    yang otomatis ada gak ya???😀
    btw, thanks banyak…
    salam muanteb.

  17. julianusginting said

    mmhh…bole..bole…tengkyu…

  18. Sochen said

    wah ini yg saya cari dari tadi.. makasih ya mas!.. kali2 kunjungi blogku ya!

  19. yayah said

    kenapa ga pake domain dan hosting sendiri aja… masalah ga akan banyak……

  20. tetembak said

    wah…mantap mas..

  21. idafazz said

    info menarik.. saia pake self hosting pi masi bingung..pake plugin gagal terus nih..

  22. andi said

    Hi, I like your site and think you cover some very interesting topics, I’ll be sure to add you to my favourites. Cheers

  23. jumialely said

    ikutan senyam senyum ahh

    salam kenal

  24. 1m4mrud1 said

    cobain ah..🙂

  25. terimakasih infonya!
    di coba dah!

  26. Muhammad said

    Hmmm…bingung inyong mas, ra ngerti, maklum gaptek, xixixi….

  27. haphapgroup said

    BENER BINGUNG NIH… ADA YANG LEBIH INSTANT

    • Sabar mas… jika ada yang lebih instant, nanti saya kabari lagi… he2…

  28. Nice info bro..and that’s worked!!
    Tararengkyuu..
    ^^

    http://avieonline.wordpress.com/

    • Sama-sama mas… Sudah saya lihat di blog jenengan. Bentuk dan jenis huruf bisa dikreasikan sedniri menggunakan Word 2007, tinggal dibuat terus dicopy-paste kode HTML-nya.

      Salam.🙂

  29. kenmahdi said

    dicoba dulu ya..trims

    http://kenmahdi.wordpress.com/

  30. Me and Chupzy_moet said

    jujur yeh……
    ahaaaaaaaaa
    bingung banget ne…… lebih irit dah gak
    heheheheh…dah gratisan masih kepngen yang lueeebihh…

    TOP deh buat kolojengking

    • Kan emang gitu mas, biar gak sempurna yang penting ikutan punya… he2…🙂

  31. Me and Chupzy_moet said

    jujur yeh……

    heheheheh…dah gratisan masih kepngen yang lueeebihh…

    TOP deh buat kolojengking

  32. orie1212 said

    haha… ternyata kudu begitu tho….😀
    orie1212.wordpress.com

  33. orie1212 said

    haha… ternyata kudu begitu tho….😀
    http://orie1212.wordpress.com

  34. tunggudulu said

    duch gimana nieh…ribet juga kalo di praktekan apalagi saya masih pake microsoft office 2003

  35. oke gan,,,,,,bagus ……

  36. wah bagus, b0leh dic0ba neeh, mkasih kang🙂

  37. adis said

    teriaksih ya tipsnya,

  38. mammad354 said

    hebaat,,, unik juga triknya,.. boleh juga dicoba meski agak ribet…🙂
    thanks infonya, salam kenal…

  39. panji12 said

    Harus sering bolak-balik ke draf tersebut ya mas. Karena untuk nambahin judul artikel dan link url nya. Kalau saya biasanya pakai menu kirim surat di email sebagai konsep. Tinggal nambahin judulnya saja. Tapi tetep aja bolak-balik, he…

  40. joinonptc said

    wah cukup repot tapi layak dicoba!

  41. rudisalman said

    Wah.. tips yang bagus nih.. terima kasih

  42. manztea said

    terima kasih mas, biar ribet yang penting bisa ky blog tetangga yang lain😀 he he salam kenal

  43. Jurnalnet said

    Terimakasih, Saya Coba dulu..

  44. Nediar said

    Terima kasih buanyak sob, info yg sangat berharga, salam kenal

  45. pusingggggggggggggggggggg bacanyaaaaaaa

  46. onesetia82 said

    ribet juga ya kalo yg gratisan,,,,?
    jadi setiap posting satu maka harus edit seluruh artikel yg satu category,,,,!!!
    ywdah sadar saja itu resiko yg ga da modal ya gan kyak blog sya,,,,!
    hahahahahaha🙂
    di’tunggu knjungan balik’y gan!

  47. jt3angga said

    Terima kasih bro, mantap ilmu nya nih

  48. Murod said

    izin nyoba gan.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

