Saya dan photoshop itu…


Sehari ini terasa agak berbeda. Setelah seharian di lapangan, malam ini saya menyempatkan waktu mengunjungi sebuah EXPO. Letaknya yang tak jauh dari tempat kerja saya, membuat saya merasa eman untuk melewatkannya.

Saya tentu tak akan menceritakan bagaimana asiknya EXPO itu, jenengan semua tentu sudah tahu. EXPO dimana-mana sama saja: deretan stan, produk-produk yang di pajang, dan tentu kerumunan orang. Apalagi bagi jenengan yang asli Jakarta, Jakarta Fair tentu jauh lebih menarik untuk diceritakan.

Buku photoshop itu...Saya sebenarnya tak sedang mencari keramaian. Dari awal berangkat, saya memang hanya mengincar satu buruan, BUKU.

Iya, sudah cukup lama saya tak menambah koleksi buku saya. Sejak beli bukunya ndoro kakung dulu itu, saya belum sempat menjamah toko buku lagi.

Sebagai gambaran, di kota kecil saya ini, toko buku dengan koleksi buku terbaru serasa barang mewah. Gak ada toko buku sekelas Gramedia di sini.

Beberapa toko buku yang ada lebih terkesan sebagai toko alat tulis. Meski memang ada sedikit koleksi buku yang dipajang, hampir semuanya terbitan lawas. Dan tentu itu tak cukup membangkitkan adrenalin saya… (Kayak apa aja… Hi.hi.) Karena itulah saya berharap banyak dari eXpO kali ini.

Dan ternyata saya tidak kecewa. Dengan membayar tiket masuk 3000 rupiah, saya bisa tersenyum lega. Ada 3 stand yang khusus menjual buku. Hampir semuanya terbitan-terbitan baru.

Akhirnya… sebuah buku baru kini di tangan. Senang sekali rasanya…. Seperti biasa, tema yang saya pilih tak jauh-jauh dari komputer, judulnya: 4 Hari Jago Manipulasi Photoshop. Buku ini berisi tentang 40 trik manipulasi gambar yang katanya bisa dipelajari dalam 4 hari… Semoga…

***

Saya jadi ingat kejadian sebulan yang lalu, saat itu saya mengajak dinda bestari mampir ke studio photo langganan. Letaknya di salah sudut mall di kota asal saya.

Seperti biasa, setelah foto kami diambil, saya tertarik dengan proses editingnya. Saya selalu memperhatikan saat mas’e mengedit dan memanipulasi photo kami berdua dengan Photoshop. Dan seperti biasa pula,saya gak bisa menahan “kegelian” saya.

Dengan cepatnya penampilan saya yang pas-pasan disulap jadi kinclong…

“Fitnah ini, saya gak terima…” bisik saya ke telinga dinda bestari sambil cengar-cengir.

“Kok fitnah to, emang kenapa beb?.” dinda bestari berlagak tanya, meski sebenarnya sudah tau maksud saya.

“Saya kok jadi ganteng gitu beb?”

“Terus?”

“Itu bukan saya, itu fitnah namanya, wah… saya gak bisa terima…”

“Emang saya kurang ganteng apa? kok pake diedit gitu beb?” eyel saya sambil senyum-senyum.

“Ye… kan biar tambah cakep to sayang…” kata dinda bestari sambil nyubit pinggang saya. Hi.hi. Bener juga ya…

Ck.Ck.Ck.

Saya dari dulu memang selalu terkagum-kagum dengan yang namanya Photoshop. Kehebatannya (Plus kehebatan orangnya) memanipulasi gambar tak ubahnya seperti sulap. Dalam sekejap saja dia bisa merubah yang jelek jadi cakep, yang item jadi putih, yang pesek jadi mancung.

Ah, Begitu mudahnya tampil cantik di Facebook atau Friendster. Tak perlu perawatan wajah dan biaya mahal ke salon tentunya, pikir saya.

***

Besok saya akan menikmati liburan akhir pecan. Rencananya saya juga akan minta tambah cuti. Setelah sebulan tak mudik, rasanya mudik besok begitu istimewa. Bagaimana tidak, besok saya bisa bertemu keluarga, bertemu kawan-kawan dan tentunya bisa ketemu dinda bestari. Hi.hi. Lagi pula dengan bekal buku baru saya itu, saya akan tetep bisa utak-atik kompi di rumah. Wah… Senengnya…

Namun saying seribu sayang, mudik juga berarti jauh dari kantor. Itu berarti jauh pula dari internet gratis di kantor.

Al hasil, mungkin beberapa hari ke depan saya akan absen dari peredaran dunia maya ini. Untuk beberapa saat saya akan jauh dari jenengan semua. Tapi jenengan tak perlu khawatir untuk meninggalkan komen di sini, saya akan tetep membacanya lewat HaPe butut saya. Hi.hi.

Tak terasa hari sudah malam, saya juga harus segera pulang. Dan mungkin saja, dinda bestari sedang menunggui HaPe-nya di sana, dengan sabar menanti panggilan sayang dari saya…

Salam sayang untuk sahabat-sahabatku semua…


Related Topics : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

More at : UNEG-UNEG

22 Komentar »

  1. Aldy said

    Pertamaxxxxxxxxxx [lebay mode on]
    Judul bukunya mantap bener ? 4 hari bisa jago manipulasi dengan photoshop…saya yang udah berbulan-bulan aja masih jungkir balik. Kabari kang kalau udah bisa 4 hari, siapa tahu saya boleh nyontek….

    #Kojeng : Wah, padahal rencananya saya mau nanya jenengan kalo bingung… Hi.hi.

  2. wow… luar biasa dikau, pak. udah beli buku lagi. buku2 hasil pencarian saya di toko buku blum sempet dibaca2 tuuuh. sombong betuuul saya inih, kayak udah cukup ilmu ajah blum baca buku lagi. btw, buku2 yg kemarin udah dibaca blumm??

    tetap semangat.

    #Kojeng : Luar biasa katrok ya jeng? He.he. Yang kemarin baru tamat satu, yang satu beraaat…🙂

    • luar biasa katrok?? bukan saya lho yg bilang yahh?? saya sih tetep menganggap om kojeng ini luar biasa. great person.:mrgreen:

      #Kojeng : Ehem… ehem… Jeng dhilla ini loh bisa2 ajah…🙂

  3. Wah baru beli buku yah..
    Asik bisa belajar😀

    Btw dulu saya pernah kerja di studio foto lho
    Awal mula kagak ngerti apa2
    Setelah 3bulan mahir deh

    Ya gt orang yg hbs di foto pada melongo semua liat proses editing
    jadi jangan percaya dengan yg namanya foto
    Tipuaaaaaaan

    hehehehehe
    Oke selamat belajar yah
    Salam sayang😀

    #Kojeng : Iya, kan biasanya orang seneng kalo hasil photonya keren, padahal hasil editan… Hi.hi.

  4. Oh iya sampe lupa
    Tapi kalau foto saya sih asli
    hehehehehe :p

    #Kojeng : Hm… Asli ya jeng?
    *mikir lamaaaa*😆

  5. goncecs said

    apaan tuuh bos ..????

    ijin nyimak dulu … dah …

    nice blog !!!keep posting

    #Kojeng : Wokeh, thanks!

  6. saya sedot dulu maz, baca dirumah…

    salam kenal

    #Kojeng : Lanjut sedooot…🙂 Salam kenal juga mas deby…

  7. isnuansa said

    Saya jarang-jarang pake potosop, soalnya bisanya cuma pake penghapusnya doang. Yang lainnya masih males mempelajari.

    Lho, tapi kok, foto kinclongnya nggak kelihatan dari sini ya Konjeng?😆

    #Kojeng : Selama ni saya juga gitu mbak, pake potoshop cm buat resize gambar. Hi.hi.
    Foto kinclongnya disimpen ma dinda bestari, mau tak pamerin gak boleh…. Hi.hi.

  8. dinda said

    sotosop memang seru! tanyakan pada fotografer-ffotografer itu..
    bisa membuat karya mereka yang kadang berdebu jadi berkiLau :))

    #Kojeng : Yup, kojeng setujuh….🙂 Salam kenal.🙂

  9. D3pd said

    Yuk kita belajar design me-rame, ^_^…V

    #Kojeng : Nyuk mas… saya diajarin yah… Hi.hi.

  10. saya mau donk bukunya:mrgreen:

    #Kojeng : Antri ya jeng, bukunya mau dipake om kojeng belajar duluh…🙂

  11. kalau mau belajar desain otodidak buka aza ni domain blog qw
    http://www.otodidak.info/

    #Kojeng : Wokeh, kojeng segera meluncur……..🙂

  12. KangBoed said

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku tersayang

    I Love U fuuuuuuulllllllllllllllllllll

    #Kojeng : Ha… Ha… Ha… Ha…. (mbah surip MODE ON)

  13. Aldy said

    Belum selesai toh liburannya ?

    #Kojeng : Sudah selesai kang, ni dah balik lagi…. Hi.hi.

  14. perigi tua said

    haddiiirrr….
    heuheuheuue… kalo dah beres 4 harinya, sekalian aku dibikinan gambar alvatar yang kinclong nya naudzubillah ya… hehehe…
    cu…

    #Kojeng : 4 harinya dah kelar, tapi belajarya belum kelar… He.he.

  15. Waduh, saya pengen banget jago photoshop

    #Kojeng : Sama kang, saya juga…🙂

  16. wa………ahh bahagianya yg mau pulang kampung plus ketemu dgn Dinda Bestari tersayang.
    Enak ya Mas Kojeng kalau ngerti soal photoshop gitu,
    bisa berkreasi dgn sepenuh jiwa………………:)🙂
    hati2 di jalan Mas Kojeng
    salam utk Dinda Bestarimu
    salam.

    #Kojeng : Seneng banget bunda, dah lama gak ketemu kangennya menggunung…🙂
    Salam dah nyampe bunda, salam balik juga dari dinda bestari…🙂

  17. casrudi said

    Hehehe… buku itu cocok juga buat saya yg kemampuan photoshopnya pas-pasan… belakangan semenjak tahu ada editan photo secara online, jadi males otak-atik photoshop…😀

    Kampungnya dimana mas?… Sepertinya Dinda Bastari menunggu di negeri seberang… Salam untuk keluarga di rumah mas…🙂

    #Kojeng : editan photo online dimana kang casrudi? Wah, bisa tuh… Bagi-bagi dong…🙂

  18. apdet dunk… om kojeng…😉

    #Kojeng : Wah, gantian saya yang diuber-uber suruh apdet…
    *malu*

  19. KangBoed said

    hahaha.. ci ooom di panggil neng dhila tuh weeekekeekekek

    #Kojeng : He.he. Iya kang…🙂

  20. arhsa said

    wow mantab nih mas konjeng, jadi designer dunk.

    jadi ingat buku2 komputer saya nih, Tahun 2005 beli Buku Macromedia MX 2004, baru dipake tahun ini (2009) buat bikin blog ini sumberebook.co.cc. masih ada yang belum dipraktekin sampe sekarang, flash, Visual Basic ma Adobe Premiere, ga sempat he…

    semangat terus mas konjeng, suatu saat kita akan tersadar ternyata apa yang telah kita pelajari (apapun itu) bermanfaat lho.

    #Kojeng : Iya mas Arsha, tetep semangat dong… saya juga sudah mampir ke situs jenengan itu loh…🙂

  21. wah saya juga pengin mahir ber photoshop nich biar makin keren aja blogku.
    Saya biasanya pake photo impact, photofunia, dll. Hasilnya bisa macam-macam. Namu saya juga gak percaya kalau Kolojengking jadi ganteng, itu benar2 fitnah kan.
    Salam hangat dari Surabaya.

    #Kojeng : Pak Dhe!!!! Meskipun itu fitnah, tapi fitnah yang membahagiakan… He.he.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

