Siapa bilang ngemil bikin gemuk?


Kutipan

Apakah menurut jenengan ungkapan tersebut benar?

Kalo IYA, syukurlah… Tapi kalo TIDAK, jenengan TIDAK BOLEH menyalahkan saya. Karena memang ungkapan tersebut bukan made in saya, tapi Josh Billing-lah yang bilang begitu. Sebagai catatan,beliau adalah seorang penulis humor dan dosen di Amerika Serikat sana. Terus apa hubungannya sama judul di atas?

Ngemil yukkk...Saya tertarik menulis postingan ini setelah membaca kolom kesehatan di Koran Jawa Pos hari ini. Di pojok kiri-atas halaman Evergreen, saya menemukan ungkapan tersebut. Dan di bawahnya, saya juga menemukan TIPS sehat yang memunculkan ide judul postingan di atas.

Jadi sekali lagi, jika jenengan gak setuju sama judul postingan ini, bukan salah saya. Biar lebih jelas lagi, coba deh lanjut bacanya…🙂

Eko Dwi Martini DCN, ahli gizi RSUD dr Soetomo, mengatakan bahwa ngemil tidak sepenuhnya dilarang. Ngemil juga tidak menyebabkan gemuk asal tahu trik-triknya.

Mau tau apa aja trik yang disarankan?


1. Usahakan ngemil hanya 10-15% di antara total kalori yang dibutuhkan.

Jika total kebutuhan kalori seseorang dalam sehari adalah 2100, dia hanya boleh ngemil dengan kalori total sebesar 210-300 kalori. Jika dirupiahkan dikonversikan ke dalam keripik singkong, kalori segitu setara dengan 150 gram keripik singkong.

2. Manfaatkan sisa kalori setiap hari.

Umumnya, laki-laki atau perempuan dewasa (usia 20-40 tahun), membutuhkan asupan 2000 kalori perhari. Hitung saja kalori yang didapat dari makan 3x sehari sebesar 1700 kalori (500 kal+600kal+600kal), maka masih ada sisa 300 kalori yang kita butuhkan. Nah, 300 kalori itu kesempatan buat ngemil.

3. Setelah ngemil jangan menenggak minuman manis apalagi bersoda. Tujuannya biar kalori yang masuk tidak berlebihan. Pilihlah air putih atau air tawar.

4. Hindari ngemil makanan yang berlemak tinggi, seperti gorengan dan lemak babi.

Nah, bagaimana menurut jenengan?

Jika boleh saya menyimpulkan, ngemil itu sebenarnya bukan biang kegemukan loh. Kalo ada yang bilang ngemil bikin gemuk, perlu dilihat dulu gimana cara ngemilnya. Kalo keripik singkong sekilo habis dalam sekali Hap…, ya terang aja. Bukan ngemilnya yang bikin gemuk, tapi “rakusnya”-lah yang menjadi biang keroknya. He.he.

Hayo, ngemil yuk…

keripik singkong

Sambil baca-baca postingan saya, silakan keripik singkongnya di-incip-i. Biar gak kelebihan kalori, jenengan makannya jangan sekali hap… Diimit-imit biar lama habisnya… Okeh? 🙂

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai PEMBELAAN atas tuduhan yang diarahkan pada saya.

Hal ini karena belakangan dinda bestari sempat protes karena kebiasaan ngemil saya. Dan semoga semua orang terdekat menyadari, “gejala kegemukan” yang saya alami 100% karena pikiran ayem dan tidur cukup. Bukan karena hobi ngemil saya itu….

Lagi pula, hidup hanya sekali. Dari pada ungkapan JOSH BILLING beneran menimpa kita, bukakah lebih baik menikmati “hobi” yang kita sukai? He.he.

(Mode NGELES ON).

Related Topics : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

More at: KESEHATAN

21 Komentar »

  1. uhuuiii… yesss!!!
    i’m the first…

    buatku.. makan ya makan aza… gagh ngurus yang mau gemuk pa yang mau sakit ..
    dari dulu makan banyak atau dikit badanku juga gini2 azah..
    huuuhhh…

    #Kojeng : Kalo perempuan kurus (baca:langsing), dan susah gemuk seperti jenengan itu anugrah. Kalo laki-laki kurus… Hayo, gimana komentarnya? Hi.hi.

  2. perigitua said

    haddiiirrr…..
    langsung ngemil…
    hehehehe…
    mantap kang, saya jarang ngemil euy karena saya nggak suka cemilan selama ada udut hehehe…
    mantep info nya ntar tak tanyain ama nyonya dulu, emang ngemil bikin gemuk???
    cu…

    #Kojeng : Kalo saya sering ngemil kang, wong saya nggak ngerokok… Hi.hi.

  3. kanglurik said

    Waduh… Kalo harus ngitung kalori gitu kita perlu ahli gizi dunk. Sedangkan kebanyakan rakyat kita ga kuat menyewa seoarang ahli gizi sehari tiga kali seminggu 21 kali dan 90 kali sebulan…
    Kantong kering ga jadi makan deh…
    Tapi ini info yang bagus.

    #Kojeng : Gak usah dihitung kang lurik, apalagi sampai nyewa dokter, dianggep pas aja. Kalo kebablasen ngemilnya, anggep aja bonus… Hi.hi.

  4. Dangstars said

    sekarang,gimana tuh kalo sikurus banyak makan lagi bukan ngemil..kagak gemuk-gemuk..ada solusi

    #Kojeng : Maap pak, saya belum pernah mengalami masalah kekurusan, jadi saya NO COMMEnT ajah… He.he.🙂

  5. walah lagi baca ini belom makan, nga gemil terakhir makan jam 4 sore sampai saat ini belom makan.

    setuju kalo ngemil sesuai kebutuhan tdk gemuklah, setuju banget dah.aku rasa ngemil enak juga seeh. wah buka dompet dulu mau makan apa ya, masa belom makan ngemil . wah mau nyarap kok males ya

    #Kojeng : Ada temen sealiran nih… Hi.hi.😆

  6. enakan ngemil daripada makan :p

    #Kojeng : Jangan ngemil aja, ntar melembung loh…😆

  7. Saka said

    weeeeeeeehhhh baru berkunjung udah disediain kripik si engkong nih… sedot dolo ahhhh…😆

    • Saka said

      sy gak bisa ngeblog sambil ngemil hihihihi… kalo sambil ngopi masih bisa😆

      #Kojeng : Kenapa kang, ganggu konsentrasi ya? Kok saya malah seneng ya kang?🙂

  8. MacFamous said

    ga pernah ngemil tep bisa gemuk .. coz makan besarnya banyak sehari mpe 3-4x .. hahahah
    memperkirakan kalorinya .. rada puyenk hohoho😉

    #Kojeng : Wah mas, mirip-mirip saya itu…😆

  9. alamendah said

    Yang pasti jangan melebihi dosis, lah. Biar seimit-imit tapi kalau dalam sehari ngemilnya sampai 26 jam nonstop?
    (emang sehari berapa jam, ya?. Mbuh aku gak pernah ngitung sampai tuntas, tuh)

    #Kojeng : Betul mas, saya juga gak pernah ngitung…
    Salam kenal…🙂

  10. Zulhaq said

    setuju setuju….saiah doyan ngemil, tapi gak gemuk2 tuh
    malah kayu bakar juga di jadikan cemilan kekekekekekkk

    #Kojeng : Kayak rayap ya mas….😆

  11. Aldy said

    He…he…Kalau sudah gemuk jangan cari pembenaran dong !, gemuk ya gemuk. [iki opo toh….], ngemil boleh, tetai dengan syarat : banyak olahraga, jangan olah dosa. Banyak minum air putih, minimal 2 liter satu hari, jangan minum bir. Banyak-banyak makan yang berserat, untuk mengimbangi camilan yang biasanya memiliki kadar lemak tinggi.
    Kalau yang doyan ngemil nggak gemuk-gemuk ? maaf seribu maaf, mohon anda datangi dokter pribadi anda, mungkin ada onderdil dalam usus yang tidak bekerja dengan sempurna….

    #Kojeng : Wahahaha… Biasa mas, sindrom gak mau kalah… nyari bener terus…🙂

  12. umm.. suka banget ngemil siih… tapi maunya coklat hohohoooo… tapi kadang nih ya, klo lagi gak mau ngemil atau lagi gak nafsu makan, bisa males makan seharian. atau males minum. makanya keliatan banget kurus kering kerontang nih badan.

    artikel bagus nih… jadi ngiri, artikel2 saya mah cuma curhatan kosong melompong. hehehh

    #Kojeng : Kurus? Padahal di bayangan saya, jeng dilla orang’e gemuk ginuk-ginuk loh… Hi.hi.

    • hahahh.. bolehlah anggap ajah saya gemuk. terserah. hwehehhh… anggap saya gendut sebesar sumo pun gak masalah. toh emang gak pernah tau saya kayak apa kan?? *padahal gw sering banget lewat jalan nyempil2 yg kadang tidak berani dilewati oleh teman2 saya yg berbadan makmur*

      #Kojeng : Wah… Beneran jeng? Kok om baru tau ya? Hi.hi.
      Yang penting aslinya jeng, kalo bayangan om mah sering salah, maklum kebanyakan virus… Hi.hi.

  13. isnuansa said

    Saya bisa dibilang amat jarang ngemil. Saya makan 3 kali sehari, jadi perut saya selalu terjaga: kenyang setiap waktu, hehehe…

    #Kojeng : Kalo saya makan full 3x sehari, ngemill juga full setiap hari… Hi.hi.

  14. Fietria said

    Kunjungan perdana dari saya, salam kenal.😀

    #Kojeng : Salam kenal juga…🙂

  15. batjoe said

    yoi bos… aku setuju mau gemuk atau tidak yang penting usaha sehatnya dan yang penting masih laku hahahahaaa.
    satu lagi ngemil ya ngemil, gemuk ya gemuk kan beda tuh tulisannya hehehehehe
    salam kenal dari kami ya di http://batjoe wordpress. com dan makasih bila nantinya berkujung

    #Kojeng : Salam kenal juga… Segera meluncur ke TKP…🙂

  16. Hmm semua juga tergantung faktor keturunan om
    Bayangin ya saya yang bisa dibilang jarang makan bisa tembem gini

    sedangkan temen saya yang makannya segudang juga tetap kurus gak nambahtuh berat😀

    Salam sayang

    #Kojeng : Yang susah kurus biasanya punya ternak cacing di perut… Hi.hi.🙂

  17. saya njuga suka ngemil, kadang ngemil empal, sate,bakpao,pangsit,siomay ha..ha..ha. Itu bukan ngemil ya kang.
    Pokoknya ngemul boleh tapi jangan forget land alias lupa daratan.
    Salam hangat dari Surabaya.

    #Kojeng : Wah Pak Dhe ini loh bisa-bisa aja…🙂 Salam juga dari kojeng Pak Dhe…

  18. Duuu…hh Mas Kojeng, kalau saya minum air putih aja jadi daging, gmana mau nyemil hiks….hiks….
    tetapi, yg penting sehat ya……………:)🙂
    salam

    #Kojeng : Kalo saya minum air putih jadi lemak bunda, wong minumnya bareng gorengan. Hi.hi.
    Setuju bunda, yang penting tetep sehat…🙂

  19. Jadi bukan ngemil yg bikin gemuk tapi rakusny yg bikin gemuk?
    Masuk akal juga boskuu…
    Tips langsingnya bagus juga untuk di praktekan. Untuk yg hobi ngemil saat membaca buku atau nonton TV pasti senang sekali bila membaca tips ini

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

