Apa tujuan jenengan nge-blog?


Jenengan tentu sudah baca judul postingan ini. Apakah terasa janggal bagi jenengan? Semoga saja tidak.

Jujur, tidak ada maksud buruk dari judul tersebut. Saya tidak sedang mengeTES jenengan, apalagi bermaksud ingin meremehkan hobi ngeblog jenengan. Tidak, sama sekali tidak. Justru sebaliknya saya ingin Jenengan berbagi penglaman dengan saya tentang tujuan jenengan ngeblog. Sebagai senior, tentu jenengan memiliki tujuan yang lebih spesifik dan terarah dibanding saya yang masih baru ini…🙂

Saya, setidaknya sampai hari ini, tidak pernah benar-benar tahu apa tujuan saya ngeblog. Jika saya ditanya untuk apa saya ngeblog, jujur saya akan bingung menjawabnya. Apalagi jika ditanya lebih spesifik lagi, apa untungnya saya ngeblog? Yakin dah, Saya belum bisa jawab.

Apakah karena selama ini saya cuma sekedar iseng saat ngeblog?  Tidak, saya selalu sungguh-sungguh setiap kali menulis poatingan atau membaca tulisan-tulisan jenengan. Atau karena hobi ngeblog saya ini sekedar angin-anginan? Hm… saya rasa tidak. Bahkan menurut prediksi saya, hobi ngeblog ini akan menjadi hobi tetap saya. Itu prediksi saya, untuk kebenarannya tentu cuma waktu yang bisa menjawabnya…🙂

Bicara tentang tujuan saya ngeblog, Saya rasanya tak begitu peduli tentang apa yang akan saya dapat dari hobi saya ini. Jika di luar sana blogger sudah banyak yang bisa mendulang rupiah dan  mengukir prestasi melalui blognya, saya tentu masih  jauh dari semua itu. Untuk ukuran pemula seperti saya, bisa menghasilkan tulisan untuk diposting saja masih menjadi kebanggaan. Bagaimana dengan jenengan?

Membuat blog dan menulis postingan bagi saya adalah sebuah  kegemaran. Dan selama ini semua itu Saya lakukan murni sekedar untuk beroleh kesenangan. Tak lebih. Saya sama sekali belum berpikir memperoleh hasil sampingan lain. Bagi saya sekarang, medapat kesenangan itu sudah lebih dari cukup.

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk ngeblog tak saya rasakan sebagai suatu hal yang percuma. Saya merasa melalui blog saya bisa belajar dengan cara yang benar-benar saya  sukai. Dengan ngeblog Saya belajar memahami pikiran, belajar merangkai ide-ide dan yang lebih penting saya belajar menyajikan ide-ide itu di hadapan jenengan semua. Terlepas dari bagaimana wujud ide saya itu, entah baik atau buruk, minimal sudah saya mampu menyuguhkannya di hadapan jenengan.🙂

Belajar dari pengalaman,banyak saya jumpai di tempat kerja saya. Orang-orang pandai yang sebenarnya punya potensi, karirnya harus mentok gara-gara tak mampu menyajikan ide-ide cemerlangnya. Tentunya saya tak ingin seperti itu. Di samping itu banyak juga orang yang sebenarnya pas-pasan, karena keahliannya dalam menyajikan ide-ide membuat orang-orang terpesona, dan karirnya pun bisa cemerlang. Dan di sinilah, melalui blog ini saya belajar mencari ide, merangkai ide-ide sampai akhirnya terlahirlah ide-ide saya sendiri. Sehingga nantinya hal itu saya harapkan bisa menunjang perjalanan karir saya.

Selain saya bisa belajar, saya pun ternyata bisa bertemu dengan jenengan semua. Rekan-rekan blogger yang baik hati, yang dengan tangan terbuka menerima “ke-baru-an” saya. Jeng Dilla, Kang Saka, Mas Faza, kang dedkusn, kang casrudi, mas Aldy, mas genial, mas Arsha, mbak deee2, Mas Rychan dan jenengan semuanya, para pendahulu saya yang dengan kebaikan hati sudi membaca dan mengomentari tulisan-tulisan saya yang masih amburadul ini.

Tak habis rasanya jika saya menumpahkan kegembiraan saya. Jenengan semua bagi saya adalah orang-orang hebat yang menginspirasi saya. Orang-orang hebat yang saya harap akan selalu menjadi sahabat saya, yang akan selalu sudi menasehati saya dan yang lebih penting selalu mengisi kekosongan kolom komentar di postingan saya. He.he.🙂

Terakhir saya ingin berterima kasih kepada jenengan semua. Yang masih sudi membaca tulisan saya sampai titik ini. Meski tulisan ini tak jelas juntrungannya, saya yakin jenengan membacanya dengan penuh keikhlasan hati. Sekali lagi saya ucapkan Terima kasih… Terima kasih…

*terharu…* hiks.hiks

15 Komentar »

  1. nyurian said

    tujuan bloging guwe : pengen nulis apaan ajah.

  2. arhsa said

    kaduuuuuuuuuuux dan gak pernah pertamaaaaax

    saya ngeblog untuk sarana belajar, saya ingi menjadi penulis, maka nama pena saya ARHSA terinspirasi dari HAMKA (Haji Abdul Malik Karim Amrrullah). Kalo dah ibadah haji, nama saya jadi HARSA, he…cita-cita yang tinggi bukan?!

    awalnya sekedar menyalurkan isi kepala, tapi poleslah dengan imajinasi, ide, kritik, komentar, atau bahkan nyastra juga bagus.

    maju terus! salah satu kelemahan tokoh indonesia kurang memperhatikan tulis menulis, sayang sekali jika ide besar, ilmu luas dan pengalamn kemudian terkubur bersama terkuburnya jasad, maka tulislah dan ajarkanlah apa yang kita ketahui dengan perantaraan pena, sebab Allah juga mengajari hambanya dengan perantaraan pena. (Alladzi ‘allama bil qalam, ‘allamal insana ma lam ya’lam)

    goreskanlah pena anda, insya Allah tidak akan sia-sia, jika kejelekan saja banyak peminatnya… maka kebaikan apalagi.

    keep writting brother.
    salam sayang

  3. info yang sangat bagus, kritis dan membangun….. trim’s

  4. Tujuan orang ngeblog sebenarnya sangat beragam..
    Ada yang sekedar mengisi waktu luang alias iseng
    Ada yang ingin punya banyak teman
    Ada yang ingin latihan menulis seperti saya

    Wah pokoknya banyak deh
    Dan bahkan untuk sekarang tujuan ngeblog sudah beralih ke ajang mencari dolar😀

    Tapi apapun itu yang terpenting adalah apa yg menjadi bahan pembicaraan kita di blog agar bermanfaat bagi pengunjung…

    Oke mas salam kenal😀
    Salam sayang selalu…..

    • Sip… Setujuh saya, kalo perlu sedelapan gak pa2..🙂
      Salam kenal dan tentunya salam sayang juga…🙂

  5. Saka said

    saya mah cuma sekedar untuk jemur gigi aja😆

  6. Aldy said

    Test Nomor Dua ?
    Pertanyaan cuma tujuan ngeblog, jawabnya mah gampang biar nggak goblog bukan go!blog. piye muantep toh ?

    Tujuan mulianya ingin sharing dengan teman-teman blogger, sekalian sebagai pembunuh waktu biar nggak bosen. Maklum hidup “menduda”, dari pada berbuat yang nggak-nggak mending ngeblog. cuma ada satu kendala bagi saya, ilmu yang saya miliki, karena begitu sakti mandraguna banyak yang tidak nyambung. Jika pun ada yang datang cuma baca trus mabur, lha wong ora ngerti kok. Itu dulu ya, ntar disambung pada test nomer tiga….:D

    • Terima kasih mas aldy kunjungannya… Komentarnya top begete, bintang 5 dah…🙂

  7. terharu bgt ada nama dila disebut… jadi merasa bersalah belum kunjungan kemari setelah sekian lama… maaf yah om.

    tujuan ngeblog, pastinya belajar nulis dan satu hal yg penting buat saya ialah utk mempublikasikan apa yang saya pikirkan. ide saya utk dunia dan apapun yg bisa saya bagi. saya tidak berharap terkenalm tapi saya cuma berharap org lain bisa terinspirasi dgn tulisan saya meski tulisan saya kebanyakan cuma curhat basi.

    salam om…. kunjungan,……🙂

  8. dinda27 said

    Membuat blog karena ada tujuannya.
    Mengeluarkan isi kepala, isi hati, agar jadi lebih ringan.
    Memang terlihat banyak manfaatnya.
    Kita juga peroleh teman yang se hoby.
    nyambung ndak nyambung, tetap aja lebih nyambung
    karena itu tadi, punya kegemaran yang sama.
    Salam.

  9. berbagai macam tujuan orang ngeblog,
    saya sendiri senang menulis, lalu mendapat wadah di blog,
    dan………saking gapteknya, maklum baru kenal dan ngerti komputer ya pas ngeblog itu.
    sekarang saya malah senang, walaupun gapteknya blm hilang, tapi setiap hari selalu ada yg saya pelajari dr ngeblog, alhamdulillah, saya rasa inilah salah satu cara utk memelihara agar otak tetap fleksibel dan kreatif.
    salam.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

