Kojeng: dari Buku Ndoro kakung sampai joomla!


Halo... :)

Halo...🙂

Sudah lama rasanya gak posting di blog ni. Mungkin sudah hampir 2 minggu blog ini isinya gak berubah. Beberapa kali mampir blog cuman nge-cek kalo-kalo ada comment yang masuk. Tapi ya seperti biasa, langsung balik lagi wong emang gak ada comment. He.he. Sepi. Ibaratnya berjualan di tengah hutan, masih sepi… Gak banyak yang lewat, apalagi mampir. He.he.  :)  Tapi gak apalah, wong kojeng emang gak lagi berjualan kok. Gak keluar modal jadi ya gak mikir untung  rugi. Gak sempet rasanya buat sekedar nulis posting. Kalo dibilang lagi sibuk, nggak juga. Hampir tiap hari juga kerjaannya sama seperti dulu. Tapi tentunya emang ada yang beda dengan beberapa hari terakhir. Itulah membuat gw jadi sok sibuk dan gak sempet buat postingan di blog ini.

Yup, kemaren-kemaren gw emang punya kesenangan baru, lagi belajar utek-utek bikin web. Hampir tiap malam selama berjam-jam gw melototin komputer, ngutak-atik sambil memparaktekan cara bikin web. Emang bisa??? Jujur, sampai hari ini, setelah hampir seminggu belajar, gw ngaku, gw belum bisa-bisa juga. Maklumlah, belajarnya otodidak, cuma berbekal buku dan si om Google.

Emang sih, belum ada niatan bikin domain sendiri.  Alasannya tentu karena saya nyadar diri, ibarat kata masih jauh panggang dari api. Masih belum bisa, bahkan untuk membuat web sederhana sekalipun.  Wong nge-blog aja masih seumur jagung, ya belum berani buat domain sendiri.  Takutnya ntar kalo sudah bikin gak keurus (lagi) seperti blog ini. He.he.

Begini loh ceritanya,

Minggu kemarin, sehabis nemenin si doi nonton KCB di twenty-wan, gantian gw yang minta ditemenin ke toko buku, my favorite place setelah perpus tentunya. Udah lama emang gw gak mampir ke toko buku. Pas aja, sekalian lewat pas mau pulang, gw tarik aja doi masuk ke Gunung Agung. Senang rasanya… Dari rak ke rak gw berjalan, celingak-celinguk nyari bagian rak yang cocok sama selera, akhirnya gw nemuin beberapa buku yang emang gw incer sejak lama.

Buku ndoro kakung...

Buku pertama, bukunya ndoro Kakung (Ngeblog dengan hati). Seperti yang pernah gw bilang di postingan yang dulu, gw pengen baca ni buku. Setelah baca postingannya Ndoro Kakung tentang buku ini, gw pengin tau apa  isinya. Alasan pertama, gw suka tulisan-tulisan ndoro kakung. Blognya merupakan salah satu tujuan kunjungan utama pas nge-net. Lagi pula gw emang pengin belajar nge-blog dari sesepuhnya, dari master yang berpengalaman, yang tulisan-tulisannya telah banyak menginspirasi gw.

Seperti kebanyakan postingan Ndoro Kakung, tulisan-tulisan dalam buku ini sarat akan pelajaran, disampaikan dengan gaya yang khas, dan bahasa yang mudah dimengerti. Inilah yang membuat gw selesai baca buku ni dalam sekejap aja. Lagi pula,beberapa tulisan dalam buku tersebut sudah pernah gw temui waktu buka-buka postingan lama Ndoro Kakung.

Satu pelajaran menarik yang gw dapat dari buku ini. Bahwa nge-blog bukan tentang “mencari uang” atau “mencari keuntungan”. Tapi nge-blog itu tentang kesenangan kita, tentang kebutuhan kita untuk saling berbagi. Meski tidak dilarang mencari uang dari blog,tapi yang lebih penting adalah hasrat kita untuk berbagi beroleh tempat. Dan pada akhirnya kita beroleh kesenangan dari aktivitas nge-blog tersebut.

Buku belajar Joomla!

Buku belajar Joomla!

Buku kedua berjudul “Joomla!: Cara cepat cepat dan mudah membuat website“. Buku kedua ini sengaja gw beli emang untuk menjawab pertanyaan gw tentang apa itu joomla!. Sudah lama emang gw bertanya-tanya tentang bagaimanam joomla! itu. Lagi pula emang sejak dulu gw suka iseng buat desain web frontpage atau malah dengan Microsoft Publisher 2007. Meski gak pernah jadi website, toh tetep aja gw beroleh kesenangan dari situ.

Nah, buku inilah biang keladinya, yang membuat gw gak sempet merawat blog ini. Sehabis jam kerja usai, biasanya gw ngutak-atik blog. Nah, berhubung ada buku tadi, gantian gw ngutak-atik belajar bikin website. Saking seriusnya, sampai-sampai gak sempet bikin postingan. He.he.

Satu lagi buku yang kemarin gw beli, “Rasail Al Ghazali”. Wah kalo buku ini berbeda sama yang tadi-tadi, buku yang ini tergolong berat buat gw. Secara, orang awam yang banyak bikin ulah kayak gw mana nyambung dengan isinya. Tapi, tentunya ada saat dalam hidup kita ingin dekat dengan Tuhan, saat hati kita terasa hampa dan begitu haus akan petunjuk-Nya. Nah, dari buku inilah gw berharap bisanemuin yang “hilang” dalam hidup gw. Mungkin emang sudah jauh gw berjalan meninggalkan-Nya, tapi dari lubuk hati gw inging kembali seperti gw yang dulu. Gw ingin kembali “merasa” dekat dengan sang Pencipta.

Itulah sedikit alasan kenapa gw lama gak bikin postingan. Jangan marah… Jangan ngambeg… ( Ge-Er!!! Emang ada yang mampir???🙂 ) Bukan karena rasa bersalah kepada jenengan semua, tapi lebih karena rasa bersalah gw telah menelantarkan blog yang gw buat dengan sepenuh hati ini. intinya, gw lg ‘sibuk’ melahap buku-buku baru gw. Harap maklum… (Huu….)

Bagaimana dengan jenengan, saat ini lagi suka menyibukkan diri dengan apa?

*masih mikir, apa perlunya postingan ini… :)*

NB: Gambar paling atas, gw pinjem tanpa ijin dari awakeanddreaming.org

3 Komentar »

  1. wow! pertamaxxx..! btw, harga buku-nya berapa-an om?? boleh pinjem?? hehehh… insya Allah aku juga mau beli buku itu. tapi kalo om mau pinjemin, aku gak jadi beli. hehehh…..:mrgreen:

  2. Harga pastinya lupa… Kalo gak salah, yang bukunya ndoro kakung 20 ribu-an, joomla 45 ribu-an dan yang rasail al ghazali 85 ribu-an…

    Boleh minjem oq… tapi ga enak sm ndoro kakung, pesene kan diminta beli. Hi.hi.🙂

  3. […] Kojeng: dari Buku Ndoro kakung sampai joomla! […]

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

