Pilpres, harapan baru negeri ini…


Pemilu... Oh, Pemilu...

Pemilu... Oh, Pemilu...

Tinggal menunggu hari, pilpres akan kembali digelar. Momen yang dinanti-nanti oleh kita, sebagai warga negara yang tentunya menginginkan “perubahan”. Kali ini kojeng (ni nama yang gw pilih sebagai nick gw, kojeng=kolojengking. he.he.) lagi pengen ngomong politik. Meski kojeng bukan pemerhati politik kenamaan sekelas Bang Eep saefullah, toh tak berarti kojeng ketinggalan berita tentang seluk beluk perpolitikan tanah air dewasa ini.

Kojeng selalu mencermati berita terbaru loh, tiap hari kojeng nyempetin baca koran, buka internet, ya cuman pengen tau ada kejutan apalagi di kancah politik negeri ini. So, kalo kojeng ngomong politik, meski gak mutu-mutu amat tetep deh bisa dijadiin wacana. Tapi, ini pesen kojeng yang pertama, jangan sampai jenengan men-judge kojeng agen-agen capres tertentu. Kojeng gak mau ikut-ikutan kampanye, gak da untungnya. he.he.

Awalnya kojeng seneng baca berita tentang politik pas hangat-hangatnya Pileg 2009, ngikutin visi-misi para pesohor negeri yang dengan menggebu-gebu “pengen” ambil peran dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Setelah mereka melihat kondisi bangsa yang tak kunjung membaik, mereka akhirnya memutuskan turun gunung, ingin ikut andil secara langsung memperjuangkan nasib bangsa ini. Ada yang muncul dengan wajah baru, meski sebenarnya mereka ya wajah lama juga. Adapula yang memang dari dulu dikenal luas sebagai wajah lama yang kemudian masuk ring kembali. Rame, itu kesan pertama yang ada di benak kojeng. Banyak kontestan, banyak yang jauh-jauh hari sudah mendeklarasikan diri sebagai capres. Ada yang sejak awal koar-koar di tipi, ada yang dengan dalih menuruti panggilan hati dan ada pula yang awalnya mau maju tapi akhirnya menghilang sendiri.

Nah, sekarang ni setelah hasil Pileg resmi diumumin, ketahuan deh sapa aja yang “layak” maju sebagai capres. Tiga wajah lama, setidaknya mereka telah pernah mengemban tugas sebagai penguasa tertinggi (meski ada yang baru wapres…) di negeri ini. setidaknya dengan begitu, masyarakat seantero negeri dah pada tahu dong kerja mereka gimana. Gimana karakter dan cara pikir mereka masyarakat tentu sudah tahu. Dan, hasil kerja mereka pun pernah sama-sama kita nikmati, yang enak dan yang gak enak, yang mengundang simpati dan caci-maki, yang nyenengin ati sampai yang ngeluarin sumpah mati. Kojeng gak tau-tau amat profil capres-capres yang bakal maju, wong kojeng juga gak pernah tahu keseharian mereka. Kalo pun toh kojeng tahu mareka yang maju adalah SBY-boediono, JK-Win dan Mega-Pro, kojeng juga nemu di koran atau di tipi. Sedikit banyak sih kojeng emang tahu profil en jejak langkah mereka-mereka itu, tapi ya itu tadi, dapet dari koran atau tipi juga. Al hasil, yang terekam di benak kojeng ya sesuai dengan yang kojeng dapat dari media itu. Gak tau itu 100% bener atau ada sedikit-sedikit yang gak bener, kojeng manut aja. Tapi, kojeng juga bisa mikir, bisa menyaring mana berita yang sarat provokasi, mana berita yang objectif. Meski penilaian kojeng tetep aja subjectif (menurut kojeng), minimal sebelum sampai ke pemahaman kojeng, info yang didapat cukup objectif.

Ni, sedikit pandangan kojeng mengenai 3 capres yang hendak maju ke pentas pilpres 2009 :

1. SBY___ sapa sih yang gak tau SBY? kalo dari survey, ni capres yang paling populer. Gimana gak populer, wong dulu pas awal-awal kampanye pemilu 2004 pernah ikutan manggung di pentas AFI. Kalo soal profil, gak banyak catatan, kojeng yakin kita yang “melek” tipi, tau gimana purnawirawan bintang 4 ini. Meski dari kalangan militer dan sempat dianggap ikut bertanggung jawab di era ORBA, toh SBY dinilai cukup bersih. Kojeng juga melihat, meski dari militer, gaya kepemimpinannya jauh dari kesan otoriter dan keras. Meski kerap disinggung “lamban”, kojeng tetap memberi nilai plus untuk capres ini. Dasarnya kojeng sederhana aja, di masa krisis global kayak gini, cuma beberapa gelintir negara di dunia yang bisa bertahan dari terpaan krisis yang maha-dansyat ini. Kalau saja pondasi pemerintahan gak bener-bener solid, tentu sudah ambruklah ekonomi negeri ini.

2. MEGA___ figur ini gak pernah lepas (mungkin gak bisa lepas) dari figur bapak proklamator kita. Kalo bicara soal fanatisme, pendukung satu-satunya capres dari kaum hawa ini topnya. Fanatik banget deh… tapi kojeng gak melihat hal istimewa dari capres ini, selain faktor bayang-bayang sang proklamator dan faktor fanatisme, kojeng gak bisa cukup jeli melihat sisi hebat beliau. Kalo soal track-record, semua sudah tahulah gimana kondisi di era beliau sempat menjadi presiden. Harapan kojeng aja, kalo ntar ternyata rakyat menjatuhkan pilihan kepada beliau, semoga beliau-nya diberi kekuatan iman, lahir bathin memikul tanggung jawab memimpin bangsa ini.

3. JeKa__ Pengusaha!!! itu kesan pertama yang kojeng tangkap dari figur satu ini. Langkah-langkah dan cara kerja khas pengusaha yang selalu ditampilkan. Lebih cepat lebih baik… slogan yang bagus. Namun kadang kojeng berpikir, apakah pengusaha yang baik bisa jadi penguasa yang baik? jawabnya ya tentu sjaa bisa. Manakala prinsip-prinsip berbisnis yang baik yang digunakan, tentu hasilnya akan baik. Misal saja, prinsip cepat,teliti,dan jeli menangkap peluang. Tapi ya susahnya kalo prinsip-prinsip yang bertolak belakang yang dipakai. Prinsip cari untung misalnya… wah susah juga. Namun kojeng gak mau suudzon, semoga saja beliau maju sebagai capres benar-benar dari panggilan hati untuk mensejahterakan negeri ini. Dan semoga saja, kekayaan yang dimiliki saat ini dah dirasa cukup, dan beliau berpedoman saatnya berbuat untuk negeri. Amiiin…

Doa terakhir kojeng (kayak ngaji aja, dari tadi berdoa melulu ya???), semoga ALLAH SWT memberi pemimpin yang terbaik untuk negeri ini. Jika ingin diganti, gantilah dengan yang lebih baik… dan Jika tidak diganti, berilah petunjuk untuk berbuah lebih baik lagi… Sekian dulu, ntar kapan-kapan kojeng LANJUTKAN lagi… salam.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: